Persiapan Kegiatan PLS Tahun Ajaran 2021/2022

Persiapan kegiatan pls  tahun ajaran 2021/2022 - Dalam kalender pendidikan Tahun Ajaran 2021/2022, Hari Pertama Sekolah (HPS) dimulai 12 Juli 2021. Khusus bagi peserta didik baru, selama 3 hari akan mengikuti kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS).

Bagian akhir kegiatan PLS tahun 2019 lalu, siswa tampilkan bakat dan minat (dok.matrapendidikan.com)

Sampai artikel ini dipublish, penulis memang belum memperoleh detail informasi dari pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Datar perihal kegiatan PLS di SMP.

Merujuk Permendikbud No. 18 Tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Peserta Didik Baru diketahui bahwa kegiatan PLS diisi dengan kegiatan edukatif dan kreatif serta menyenangkan.

Oleh sebab itu pembina Osis dan panitia PLS yang sudah dibentuk dalam kegiatan Lokakarya tahun 2021 perlu mengambil ancang-ancang dengan mempersiapkan program tahunan di awal tahun ajaran baru tersebut.

PLS di SMPN 2 Lintau Buo

Sesuai kalender pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar masa PLS akan berlangsung selama 3 hari berturut-turut, Senin sd Rabu (12 sd 14 Juli 2021.

Persiapan PLS di SMPN 2 Lintau Buo juga berkaitan dengan Panitia PLS, guru pembimbing dan pengurus OSIS yang dilibatkan serta jadwal PLS.

Acara Osis dipandu oleh pengurus Osis periode sebelumnya. Kegiatan ini berisi pengenalan organisasi, pengurus dan program Osis.

Kegiatan PLS bagi peserta didik baru berisi pengenalan atau orientasi lingkungan sekolah, kurikulum pembelajaran, tata tertib sekolah dan acara Osis.

Peserta didik baru merupakan warga baru yang akan mengikuti kegiatan pembelajaran di suatu sekolah. Sebagai orang baru, peserta didik baru perlu mengenal lingkungan fisik dan sosial di sekolah.

Lingkungan fisik dan sosial meliputi personil guru dan tenaga kependidikan (GTK), sarana dan prasarana sekolah dan tata tertib yang berlaku di sekolah.

Selain itu peserta didik baru juga perlu mengenal program dan cara belajar, kurikulum sekolah dan organisasi yang ada di sekolah.

Hasil evaluasi selama dua tahun masa pandemi, program PLS diselenggarakan secara Daring (Dalam jaringan). Hasilnya belum memuaskan. Peserta didik tamatan SD belum begitu menguasai penggunaan media belajar daring. Selain itu masih banyak siswa yang tidak mengetahui nama guru, mata pelajaran, cara belajar dan tata tertib yang berlaku di sekolah tersebut.

Berdasarkan hasil evaluasi tersebut di SMPN 2 Lintau Buo, kegiatan PLS direncanakan secara Luring (Luar jaringan) atau tatap muka. Pada pembukaan PLS akan dihadiri juga oleh orangtua peserta didik baru.

Patuhi Prokes Covid-19

Kegiatan PLS bagi peserta didik baru Tahun Ajaran 2021/2020 tetap mengacu pada Prokes Covid-19. Demi mematuhi Prokes Covid-19 di sekolah, kegiatan PLS diselenggarakan dengan sistem Doubleshift.

Selain itu peserta didik baru juga harus mengenakan masker pelindung di sekolah.

Sementara sarana dan prasarana Prokes sudah tersedia di sekolah. Begitu pula aturan jarak sosial peserta didik selama berada di ruang kelas.***

0 Response to "Persiapan Kegiatan PLS Tahun Ajaran 2021/2022"

Posting Komentar