Sekilas Sanggar Kesenian Titian Imang Jorong Kapuah, 'Membangkit Batang Terendam'

Sekilas sanggar kesenian titian imang jorong kapuah, 'membangkit batang terendam - Di Nagari Sumani Kabupaten Solok Sumatera Barat, ada sebuah grup kesenian yang diberi nama Titian Imang (TTI). Sanggar seni tradisional Minangkabau yang baru didirikan tahun lalu beralamat di Baliak Banda Imang, Jorong Kapuah Nagari Sumani Kab. Solok Sumatera Barat.

Anggota grup foto bersama di depan posko sanggar Titian Imang (Delza Dona/matrapendidikan.com)

Jika Anda pernah membaca Cerita Bersambung (Cerbung) Nyanyian Sendu Batang Kapuah di website ini. Tentu akan mengetahui tentang Batang Imang, sebuah sungai kecil yang membelah Jorong Kapuah Nagari Sumani.

Kedua bagian itu dihubungkan oleh sebuah titian atau jembatan kecil. Titian ini menjadi ide pemberian nama sanggar kesenian Titian Imang.

Filisofi Titian Imang menggambarkan upaya 'Mambangkik Batang Tarandam' (Membangkit batang yang terendam).

Malin Sulaiman, pimpinan Sanggar TTI Jorong Kapuah Nagari Sumani, kepada penulis mengungkapkan, berdirinya sanggar ini bertujuan untuk melestarikan kesenian tradisional randai yang dulu pernah eksis sekitar 30-an tahun silam.

Markas sanggar seni Titian Imang Jorong Kapuah, Nagari Sumani (matrapendidikan.com)

Selain itu untuk mengarahkan anak-anak muda di Jorong Japuah khususnya pada kegiatan positif dan mencintai kesenian daerahnya sendiri.

Saat ini, kegiatan sanggar kesenian TTI memperkuat latihan randai setiap Sabtu dengan cerita Bujang Sambilan.

Penulis agak kaget. Dulu, sekitar tiga puluhan tahun silam, kesenian randai dengan cerita Bujang Sambilan juga sudah dipergelarkan.

Cukup beralasan, hadirnya Sanggar Seni Titian Imang ibarat 'mambangkik batang tarandam'. Sanggar Seni Titian Imang ini pun mendapat sambutan hangat dari masyarakat dan Pemerintah Nagari Sumani. 

Grup kesenian TTI sudah unjuk kebolehan di beberapa tempat dan pesta kenduri. 

Lancarnya kegiatan latihan setiap minggu dan tampilnya grup kesenian di berbagai tempat. Tak lepas dari partisipasi materil dan moril masyarakat Sumani di kampung maupun di perantauan.

Dalam waktu dekat, sanggar Titian Imang akan genap berusia satu tahun. Peringatan satu tahun ini akan diisi dengan kegiatan kesenian yang dipusatkan di Baliak Banda Jorong Kapuah Nagari Sumani.***

0 Response to "Sekilas Sanggar Kesenian Titian Imang Jorong Kapuah, 'Membangkit Batang Terendam'"

Posting Komentar