Contoh penerapan Penurunan Tekanan Uap Pelarut

Contoh penerapan penurunan tekanan uap pelarut - Artikel ini merupakan contoh penerapan penurunan tekanan uap dalam kehidupan.

Mendapatkan benzena murni

Kamu pasti sudah tahu kalau bahan bakar pesawat terbang. Bahan bakarnya bernama Avgas (aviation gasoline) atau nama lainnya bensol atau disebut juga dengan benzena.

Benzena adalah kandungan alami dalam minyak bumi. Benzena biasanya tercampur dengan toluena yang membentuk larutan benzena-toluena.

Bagaimana mendapatkan benzena murni apabila larutan yang terdiri atas benzena dan toluena yang memiliki fraksi mol yang sama?

Untuk mendapatkan benzena murni menggunakan pemisahan campuran dengan distilasi bertingkat, dengan mengguakan prinsip berbedaan tekanan uap antara zat pelarut dengan zat terlarut.

Kolam Apung

Kolam apung Atlantis Water Adventure yang berada di Taman Impian jaya Ancol Jakarta merupakan contoh terjadinya penurunan tekanan uap pelarut.

Air yang berada di kolam apung ini memiliki kadar garam yang sangat tinggi, bahkan 10 kali lipat tingginya dibandingkan kadar garam rata-rata dilautan.

Air atau pelarut yang ada dikolam apung ini sulit menguap karena tekanan uap pelarut menurun disebabkan karena konsentrasi kadar garam yang sangat tinggi.

Semakin banyak jumlah zat terlarut, maka pelarut semakin sukar menguap. Dengan kata lain, adanya zat terlarut menyebabkan  penurunan tekanan uap cairan.

Karena memiliki konsentrasi zat terlarut sangat tinggi, maka pada saat kita berenang di sini akan mengapung atau tidak tenggelam.*** (PenulisDea Sifa Fauziah, Pelajar SMA Indocement, Citeureup Bogor)

0 Response to "Contoh penerapan Penurunan Tekanan Uap Pelarut"

Posting Komentar