Guru di SMPN 2 Lintau Buo Ikuti Simulasi AKM

Guru di smpn 2 lintau buo ikuti simulasi akm - Beberapa orang guru mata pelajaran di SMPN 2 Lintau Buo Kab. Tanah Datar telah mengikuti simulasi AKM di ruang labor komputer sekolah tersebut, Senin pagi (23/8/2021).

Simulasi AKM persiapan pembelajaran lebih baik (matrapendidikan.com)

Namun proses yang dilalui oleh guru sebagai sampel AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) tahap pertama ini belum lancar.

Permasalahan yang dihadapi adalah sulitnya untuk login ke situs Jarpemnas. Akibatnya guru berulang-kali nemasukkan username dan password serta kode token.

Tujuan simulasi AKM

Keikutsertaan guru dalam AKM bukan untuk menguji kemampuan guru dalam menguasai kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian ataupun kompetensi sosial.

Secara umum, keikutsertaan guru dalam simulasi AKM bertujuan untuk memetakan pencapaian mutu pendidikan di sekolah.

Selain itu juga untuk memperbaiki proses pembelajaran untuk membantu siswa berhasil dalam AKM.

Dengan mengikuti simulasi AKM ini maka para guru akan mengetahui kriteria dan bentuk soal AKM. Para guru  akan mengetahui cara dan metode yang tepat dalam proses mengajar dalam rangka  mempersiapkan siswa untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam program AKM.

Tujuan yang tak kalah penting adalah membantu guru dalam mendiagnosis kemampuan siswa pada materi-materi substansial.

Materi ini akan menjadi prioritas untuk diajarkan oleh para guru. Guru menyikapi dengan landasan untuk memulai pembelajaran dengan cara yang tepat. Begitu pula pendekatan pembelajaran yang digunakan.

Simulasi AKM bagi guru pada hakikatnya menjadi refleksi diri bahwa cara dan metode yang selama ini digunakan belum berjalan maksimal sehingga pencapaian hasilnya juga belum maksimal.***

0 Response to "Guru di SMPN 2 Lintau Buo Ikuti Simulasi AKM"

Posting Komentar