Tahun Baru Hijriyah, Momentum Perubahan ke Arah Lebih Baik

Tahun baru hijriyah, monentum perubahan ke arah lebih baik - Selasa, 10 Agustus 2021 M bertepatan dengan 1 Muharram 1443 H. Dalam Kalender Nasional, peringatan 1 Muharram telah dinyatakan sebagai Hari Libur Nasional (HLN). Namun alasan pencegahan penyebaran Covid-19, Pemerintah telah menggeser HLN tersebut ke hari Rabu, 11 Agustus 2021.

Ilustrasi gambar (twibbonize.com)

Dipastikan, pergeseran hari libur oleh pemerintah, tidak berarti merubah hari peringatan 1 Muharram 1443 H.

Peringatan 1 Muharram, tentulah tidak dapat digeser atau diubah. Dalam sejarah islam, kalender hijriyah ditetapkan semasa khalifah Umar Bin Khatab.

Dalam suatu musyawarah dengan para sahabat, 1 Muharram ditetapkan sebagai awal tahun hijriyah. Penetapan kalender hijriyah didasarkan atas hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekah ke Madinah, pada tahun 622 sesudah Masehi.

Tanggal 1 Muharram sebagai Tahun Baru Islam memiliki keutamaan. Hal ini sekaligus menjadi pondasi mental spiritual bagi umat Islam.

Mengubah segala sesuatunya ke arah yang lebih baik. Bukan menurut pendapat dan logi pribadi atau kelompok. Perubahan sikap mental spiritual itu didasarkan Al Qur'an dan Hadist.

Perubahan mengandung makna peningkatan. Meningkatnya kualitas iman dan taqwa yang ditandai dengan peningkatan ibadah serta sikap dan tingkah laku.

Tentu saja, peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H menjadi momen yang tepat bagi umat muslim untuk mengadakan evaluasi dan koreksi sekaligus upaya untuk berusaha merubah sesuatu menjadi yang lebih baik.***

0 Response to "Tahun Baru Hijriyah, Momentum Perubahan ke Arah Lebih Baik"

Posting Komentar