Soal Ujian Berbentuk Esei Dorong Siswa untuk Belajar

Soal ujian berbentuk esei dorong siswa untuk belajar - Di bulan September ini tengah berlangsung Penilaian Tengah Semester (PTS) Ganjil Tahun Ajaran 2021)2022 pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Bentuk soal yang mungkin digunakan sekolah adalah esei, pilihan ganda atau gabungan esei dan pilihan ganda.

Ilustrasi gambar (matrapendidikan com)

Soal berbentuk uraian (esei) dinilai lebih baik ketimbang pilihan ganda (multiple choice). Salah satu alasannya dimana ujian berbentuk esei lebih berpotensi mendorong siswa untuk mau belajar dengan serius. Mempersiapkan materi ujian dengan baik sebelum dan selama ujian.

Jika siswa tidak belajar, tidak mempersiapkan materi ujian, siswa akan kebingungan ketika duduk di ruang ujian. Siswa lebih banyak duduk bermenung ketimbang mengerjakan soal di ruang ujian. 

Apalagi kemauan mencontek hasil pekerjaan teman juga terhalang karena duduk antar peserta ujian cukup berjauhan sesuai aturan Prokes Covid-19.

Selain itu, sistem belajar online sebelumnya juga ikut mempengaruhi kelancaran ujian. Ujian yang diselenggarakan secara Daring telah memungkinkan siswa untuk mencari jawaban atas pertanyaan ujian. Mereka dapat berdiskusi dalam menjawab soal ujian daring.

Memang, bentuk soal pilihan ganda (multiple choice) telah memanjakan siswa untuk menjawab soal ujian dengan instan.

Siswa yang tidak belajar pun akan bisa menjawab soal dengan mudah. Tinggal pilih salah satu pilihan (option) dan ujian bisa selesai jauh lebih cepat dari alokasi waktu yang disediakan.

PTS Ganjil 2021/2022 yang berlangsung di bulan September ini dengan soal berbentuk uraian sebenarnya untuk membenahi kembali sistem pembelajaran yang 'kurang bagus' selama masa pandemi Covid-19.***

0 Response to "Soal Ujian Berbentuk Esei Dorong Siswa untuk Belajar"

Posting Komentar