Osis SMPN 2 Lintau Buo Gelar Peringatan Maulid Nabi

Osis smpn 2 lintau buo gelar peringatan maulid nabi - Dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H, Osis SMPN 2 Lintau Buo menggelar tausiah Sirah Nabawiyah dan cerdas cermat di halaman sekolah setempat, Sabtu pagi (30/10/2021).

Ustadz Zuldi, S.Ag Kepala KUA Kec. Lintau Buo (matrapendidikan.com)

Acara yang digelar Osis SMPN 2 Lintau Buo dibawah bimbingan guru dan pegawai ini menghadirkan Ustadz Zuldi, S.Ag Ka KUA Kecamatan Lintau Buo sebagai penceramah.

Kepala SMPN 2 Lintau Buo, yang diwakili Ropi'u, S Pd, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan tausiah dan cerdas cermat dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Terima kasih disampaikan kepada pengurus Osis, guru pembimbing kegiatan keagamaan maupun semua rekan guru dan tenaga administrasi sehingga terlaksana kegiatan ini.

Guru sharing info kegiatan bersama ustadz Zuldi, A Ag sebelum tausiah (matrapendidikan.com)

Sebelumnya, kepala sekolah menyebutkan bahwa tausiah sirah nabawi ini bertujuan untuk merefresh pikiran dan hati siswa untuk kembali memahami keteladanan Nabi Muhammad SAW dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Oleh sebab itu diharapkan kepada semua siswa untuk dapat menyimak dan menghayati uraian yang akan disampaikan oleh ustadz," sampai Ropi'u, S.Pd.

Sementara itu ustadz Zuldi, S.Ag dalam tausiahnya mengingatkan kembali para siswa agar berusaha meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari.

"Sesungguhnya pada diri Rasulullah SAW terdapat suri tauladan yang baik." ujar Ka Kua Kec. Lintau Buo antara lain pada awal tausiahnya.

Ustadz Zuhdi, S.Ag mengurai secara singkat kelahiran Nabi Muhammad sebagai 'rahmatan lil 'alamiin'.

Hal ini karena Nabi Muhammad SAW menjadi cahaya penerang bagi umat manusia dari alam jahiliyah ke alam yang berbudaya dan berbudi pekerti.

Oleh sebab itu kita perlu bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW setiap saat agar mendapat safa'at di hari Akhir.

Selain itu kita perlu menjalankan sunnah Rasul dan meneladani kepribadian Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari.

Sebaliknya menyingkirkan sifat-sifat tercela seperti iri, dengki, hasad dan lain sebagainya.

Tausiah Ustadz Zuldi, S.Ag mendapat perhatian serius dari dua ratusan siswa SMP 2 Lintau Buo serta guru dan tenaga administrasi.

Cerdas cermat antar kelas

Usai tausiah sirah nabawiyah, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW juga diisi dengan kegiatan Cerdas Cermat Sirah Nabawiyah antar kelas.

Suasana cerdas cermat antar kelas (matrapendidikan.com)

Pelaksanaan cerdas cermat antar kelas ini terdiri dari empat ronde yang dipandu guru Hasma Umneti, S.Pd.Ing.

Ronde 1 merupakan babak penyisihan kelas 9, Ronde 2 penyisihan kelas 8 dan ronde 3 penyisihan kelas 7.

Skor babak final cerdas cermat (matrapendidikan.com)

Ronde ke- 4 merupakan babak final yang akhirnya dimenangkan oleh Kelas 9 B diikuti Kelas 8 A dan Kelas 7 A.

Rocestry, S Pd.I,M.Pd dan Ropi'u, S.Pd bertindak sebagai juri cerdas cermat tersebut.

Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 secara umum berjalan lancar, menerapkan Prokes Covid-19 dan sesuai skenario Pengurus Osis SMPN 2 Lintau Buo.***