Peran Pemuda dalam Perjuangan dan Pembangunan Bangsa

Peran pemuda dalam perjuangan dan pembangunan bangsa - Dari sejarah dapat kita baca bahwa pemuda berperan penting dalam perjuangan merebut kemerdekaan dari penjajah. Kemudian mempertahankan dan mengisi kemerdekaan itu. Kita pun dapat memahami, pemuda telah ikut menetukan arah dan langkah perjalanan bangsa  menuju perubahan ke arah yang lebih baik.

Logo Sumpah Pemuda (Kemenpora go.id)

Hal itu ditandai dengan berdirinya berbagai organisasi kepemudaan pada awal abad 19. Sebutlah, Budi Utomo yang berdiri 20 Mei 1908.

Sumpah Pemuda merupakan suatu pernyataan berbentuk ikrar pemuda untuk menggalang rasa persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan Indonesia merdeka.

Pemuda menyatakan kebulatan tekad untuk Indonesia Merdeka 28 Oktober 1928. Sumpah Pemuda!

Bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Berbangsa yang satu, bangsa Indonesia dan berbahasa yang satu, bahasa Indonesia.

Ketika Indonesia telah merdeka, peran pemuda tetap menonjol dalam membenahi sistem dan proses sejarah dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

Peristiwa sejarah di tahun 60-an dan momentum diujung abad 19 merupakan peran nyata pemuda dalam menentukan sistem dan arah pembangunan Indonesia.

Peran yang tak kalah penting pemuda adalah ketika masyarakat Indonesia dilanda musibah Covid-19 sejak awal tahun 2020 lalu.

Ekstensi peran kepemudaan kembali diuji pada masa pandemi Covid-19 yang diawali Maret 2020.

Pemangku kepentingan dan masyarakat dalam pembangunan telah menunjukkan semangat dan rasa persatuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona. 

Pemuda adalah ujung tumbak dalam penerapan Prokes Covid-19 dan pelaksana program vaksinasi yang digencarkan oleh pemerintah.

Selamat Hari Sumpah Pemuda ke 93 tanggal 28 Oktober 2021. Bersatu, bangkit dan Tumbuh!***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel