SMPN 2 Lintau Buo Adakan Sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka

Smpn 2 lintau buo adakan sosialisasi ukbi adaptif merdeka  - SMPN 2 Lintau Buo merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat yang akan mengadakan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). Hal itu terungkap dalam Sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka Kemdikbud RI di ruang majelis guru setempat, Selasa siang (26/10/21).

Sosialisasi tes UKBI Adaptif Merdeka Kemdikbud RI (matrapendidikan.com)

UKBI yang dikemas dalam format tes adaptif ini merupakan tes standar untuk mengukur kemahiran berbahasa, termasuk di kalangan pelajar SMP dan SMA.

UKBI yang disebut sebagai UKBI Adaptif Merdeka adalah upaya pengembangan mutakhir sistim layanan uji UKBI oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek RI.

Dalam sosialisasi yang dihadiri pendidik dan tenaga kependidikan dikemukakan bahwa alur pelaksanaan UKBI dimulai dari tahap Persiapan, Pendaftaran, Pengujian sampai Sertifikasi.

Untuk pelaksanaan UKBI ini, SMPN 2 Lintau Buo dianggap mampu karena sudah memiliki fasilitas penunjang dan sumber daya manusia (SDM).

Hanya saja, kendala dan hambatan yang mungkin terjadi saat pengujian adalah server error seperti yang pernah terjadi pada sosialisasi ANBK SMP dan SD yang diselenggarakan di SMPN 2 Lintau Buo.

Alur ukbi adaptif merdeka

Kepala SMPN 2 Lintau Buo Kab. Tanah Datar, Titin Susilawati, S.Pd dalam penjelasannya mengatakan alur pelaksaanaan UKBI antara lain persiapan teknis UKBI.

Persiapan teknis siswa sebagai peserta, antara lain; siswa mempunyai email (pos-el) aktif, foto kartu identitas dan pasfoto digital. 

"Jika belum ada kartu pelajar, kartu identitas dapat diganti dengan foto bagian depan buku rapor siswa," 

Ilustrasi gambar (ukbi.kemdikbud.go.id)

Untuk mengakses aplikasi UKBI, siswa dapat :

1. Membuka akses aplikasi melalui https://www.ukbi.kemdikbud.go.id

2. Klik Daftar Peserta Ujian

3. Klik Masuk untuk membuka halaman Login.

Untuk melakukan Pendaftaran, lanjut kepala sekolah, siswa dapat mengikuti alur yang sudah tersedia pada aplikasi UKBI.

Namun khusus untuk siswa SMPN 2 Lintau Buo, harus memilih paket soal Paket 1 yang terdiri dari 3 Seksi yaitu : Seksi I (Mendengarkan), Seksi II (Merespon Kaidah) dan Seksi III (Membaca).

Selanjutnya pada bagian pilihan Jadwal Uji, siswa memilih : Bulan ujian (November), Pekan ke (4).

Kepala sekolah dalam kesempatan itu berharap agar kegiatan UKBI juga disosialisasikan kepada siswa melalui Panitia UKBI dan Wali Kelas masing-masing.***