7 Tahun Eksis Bersama Google Adsense

7 Tahun eksis bersama google adsense - Ketika berkunjung ke situs matrapendidikan.com ini pengunjung akan disuguhi sejumlah iklan. Iklan yang menawarkan berbagai jenis usaha dan produk tertentu. Semua iklan itu merupakan iklan dari google adsense.

Google Adsense

Ya, sudah 7 tahun lebih, situs ini eksis dan bekerjasama dengan pihak google, menjadi publisher (penayang) adsense. Selama itu pula pihak adsense ikut berkontribusi dalam pengelolaan blog sederhana ini.

Penghasilan dari kerja sama dengan adsense menjadi salah satu pendukung eksistensi blog personal yang sedang dikunjungi ini.

Perlu biaya pengelolaan

Situs tema pendidikan ini pada mulanya, awal tahun 2013 lalu, hadir tanpa iklan. Dikelola dengan motif sekadar untuk menyalurkan hobi menulis sehingga laman blog bebas dari tayangan iklan.

Namun lama kelamaan disadari, mengelola blog itu perlu biaya! Mulai biaya rekening listrik untuk menjalankan perangkat komputer. Kemudian beli paket data dan akomodasi dalam kegiatan blogging.

Laman matrapendidikan.com

Setahun kemudian (2014) bergabung dengan google adsense sebagai publisher. Laman yang semula polos berubah menjadi laman dengan selingan tayangan iklan.

Saat itu, menayangkan iklan adsense sangat menyenangkan bagi setiap blogger. Apalagi di berbagai halaman blog sahabat diposting mengenai penghasilan sebagai publisher adsense itu cukup menjanjikan.

Bagi blog yang sudah duluan bergabung, adsense adalah ladang income yang cukup gurih hasilnya.

Namun faktanya tidak seperti yang dibaca. Apalagi menjadi publisher adsense baru, tidak serta-merta dapat menghasilkan uang. Ternyata perlu waktu lama untuk mengumpulkan sejumlah dolar sehingga mencapai payout 100 $. 

Perlu ketekunan dalam mengupdate blog dari hari ke hari untuk mencapai ambang batas pembayaran yang ditetapkan pihak google adsense.

Tahun 2015 baru berhasil payout setelah terkumpul 100 dolar di akun adsense. Duh, nikmatnya terima duit dari google adsense pertama kali melalui western union di Kantor Pos kala itu.

Puncaknya adalah tahun 2016 sampai 2018. Bisa payout tiap bulan.

Namun tahun berikutnya (2019), grafik penerimaan dari adsense mulai melandai. Salah satunya karena pengguna internet berpindah ke YouTube. Advertiser juga lebih tertarik dengan media bergerak tersebut.

Tetap eksis

Menurunnya grafik penghasilan tidak membuat Matra Pendidikan terlantar. Justru blog ini tetap eksis karena dikelola dengan tekun dan update info hampir setiap hari.

Seakan terasa ada yang kurang jika tidak update informasi di laman sederhana matrapendidikan.com ini.

Kini, matrapendidikan.com sudah 7 tahun lebih menjadi mitra google adsense. Filisofi "Barapi Taruih" (berapi terus) akan selalu mewarnai perjalanan situs pendidikan ini dalam kondisi apapun.***