Membenahi Semangat Belajar Para Pelajar

Membenahi semangat para pelajar - Hari Rabu 10 November 2021 bertepatan dengan Peringatan Hari Pahlawan Nasional ke- 76. Pemerintah mengangkat tema peringatan Hari Pahlawan 2021, 'Pahlawanku Inspirasiku.'

Logo Hari Pahlawan 2021 (kemensos.go.id)

Pelajar menjadi bagian generasi penerus bangsa. Melanjutkan estafet pembangunan dan akan menjadi pemimpin bangsa sekian tahun yang akan datang.

Maka selayaknya pelajar menjadikan semangat perjuangan para pahlawan sebagai inspirasi dalam membenahi semangat belajarnya. Apalagi saat ini mereka tengah belajar dengan sistem Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

Sejarah bangsa Indonesia mencatat, tanggal 10 November 1945 merupakan awal pertempuran hebat di kota Surabaya.

Pertempuran yang berlangsung sekitar tiga minggu itu, berawal dari penolakan rakyat kota Surabaya atas ultimatum yang dikeluarkan pemerintah Inggris.

Semangat pantang menyerah mempertahankan kemerdekaan RI telah menimbulkan banyak jatuh korban dari pejuang dan rakyat kota Surabaya.

Penetapan 10 November Sebagai Hari Pahlawan berdasarkan Keppres No.316 Tahun 1959 oleh Presiden Soekarno. 

Semangat membara para pahlawan mempertahankan Kemerdekaan RI akan menjadi inspirasi bagi pemuda dan pelajar dalam mengisi kemerdekaan.

Jika pahlawan berjuang membela dan mempertahankan kemerdekaan maka penurus bangsa hari ini berjuang untuk mengisi kemerdekaan. 

Perjuangan para penerus bangsa tentulah sesuai dengan status dan pekerjaan masing-masing.

Pelajar mengisi kemerdekaan melalui kegiatan belajar demi mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Masa pandemi Covid-19 telah mengubah pola belajar. Pelajar harus belajar dari rumah secara daring. Sistem belajar online ini ternyata tidak memenuhi kebutuhan pelajar menurut semestinya dalam belajar.

Ketika kasus Covid-19 mulai melandai, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk menerapkan PTM terbatas. 

Bagi pelajar, semangat belajar pada PTM terbatas ini perlu dibenahi kembali. Pelajar harus lebih bersemangat belajar, berjuang mengejar ketinggalan semasa belajar daring.

Meskipun demikian, pelajar juga harus bersemangat berjuang untuk menerapkan Prokes Covid-19. Mengenakan masker, mencuci tangan sampai bersih dan menjaga jarak sosial. 

Hal itu bertujuan agar perjuangan pelajar tetap berjalan sebagaimana mestinya dan penularan virus Corona dapat ditekan dan tidak lagi merebak.

Selamat memperingati Hari Pahlawan 10 November 2021. Pahlawanku Inspirasiku!***