Sanggar Tari Nagari Pangian Tampil Memukau

Sanggar tari nagari pangian tampil memukau - Sanggar tari Tiga Dara Elok Baso dari Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo tampil memukau di hari kedua penyelenggaraan Festival Pesona Minangkabau (FPM) Tanah Datar 2021 di halaman Istano Basa Pagaruyung, Minggu (14/11/21).

Pagelaran tari kreasi Lintau Barotan oleh sanggar Tiga Dara Elok Baso itu disiarkan melalui Live Streaming YouTube dan media sosial lainnya sehingga dapat disaksikan oleh pemirsa.

Usai pagelaran tari, sanggar tari dari Nagari Pangian, Kec. Lintau Buo ini juga mempersembahkan dua lagu Minang Lamo oleh Trio Penyanyi Elfianti, S.Sn, Herlina Suryati, S.Pd dan Nofrianti, S.Pd.

Trio guru seni ini membawakan lagu Alek Rang Mudo dan Rumah Gadang secara apik. Diiringi musik tradisional talempong dan bansi yang dimainkan oleh anak sanggar Tiga Dara Elok Baso.

Master of Ceremony (MC) Anggi Koto sempat mewawancarai trio penyanyi sanggar Tiga Dara Elok Baso usai pagelaran.

Elfianti, S Sn menjelaskan bahwa tari Lintau Barotan mengisahkan kehidupan masyarakat Lintau dulunya yang bermata pencaharian di hutan dan sawah.

"Ini terlihat dari properti dan gerak penari. Rotan, niru dan bakul merupakan properti tari yang digunakan," jelas Elfianti, S.Sn.

Sanggar tari yang didirikan tahun 2016 ini berawal dari para guru seni di nagari Pangian melihat potensi anak nagari dalam hal seni dan budaya.

"Berdasarkan potensi anak nagari itu kami berkolaborasi untuk membentuk sanggar ini," ujar guru Seni SMPN 2 Lintau Buo itu 

Sementara itu Herlina Suryati, S.Pd Pengawas TK/SD Lintau Buo Utara dan Nofrianti, S.Pd, guru SMPN 1 Lintau Buo berharap agar ke depannya Pandemi Covid-19 berakhir dan tahun depan FPM Tanah Datar bisa digelar lagi.

Tanah Datar....(Anggi Koto). Hebat! Itulah satu kata untuk Tanah Datar yang disambut koor oleh guru pembimbing Sanggar Tiga Dara Elok Baso.***