Masih Banyak Siswa Kesulitan Operasikan Komputer

Masih banyak siswa kesulitan operasikan komputer - Siswa di era gadget android ini ternyata masih banyak yang belum mahir atau kesulitan dalam mengoperasikan perangkat komputer dan jaringan internet. Hal ini disinyalir disebabkan oleh ditiadakannya mata pelajaran TIK di sekolah dan pembelajaran daring melalui smartphone sebelum ini.

Pembina upacara Ropi'u, S.Pd (matrapendidikan.com)

Itulah intisari amanat pembina upacara Ropi'u, S.Pd, Waka Kurikulum SMPN 2 Lintau Buo Kab. Tanah Datar (Sumbar) saat upacara bendera Senin pagi (15/11/21) di halaman sekolah setempat.

"Ternyata banyak anak-anak kami yang belum menguasai penggunaan komputer." ujar Ropi'u menyampaikan evaluasi kegiatan pendaftaran tes UKBI bagi kelas 9 SMPN 2 Lintau Buo.

Guru matematika itu memperkirakan semula, untuk mendaftar bagi siswa peserta UKBI 2021 hanya memerlukan waktu paling lama 10 menit.

"Faktanya, waktu lebih satu jam pelajaran namun siswa masih belum selesai mendaftar bahkan ada yang gagal," tandasnya.

Ia menyayangkan bahwa ternyata untuk mengetikkan huruf kapital, tanda @, mendelete atau backspace banyak yang tidak tahu.

Oleh sebab itu Ropi'u, S.Pd berharap agar kembali diadakan mata pelajaran TIK. "Atau kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan komputer dan internet." ujarnya.

Upacara berlangsung hidmad

Pengibaran sang merah putih (matrapendidikan.com)

Sementara itu pelaksana upacara kedua selama PTM Terbatas di hari Senin itu, Passusbra masih dipercaya ambil bagian.

Pelaksana upacara bertugas dengan baik dan lancar meski masih ditemui kekurangan, yang dapat diperbaiki pada upacara Senin berikutnya.

Para guru ikuti upacara bendera dengan hidmad (matrapendidikan.com)

Masalah disiplin berpakaian upacara, pelaksana upacara bendera sudah berkostum upacara lengkap seperti mengenakan topi dan dasi serta mengenakan masker pelindung.

Sementara peserta upacara siswa masih perlu membenahi disiplin dalam berkostum upacara. 

Meskipun demikian peserta upacara dari siswa sudah bisa mengikuti rangkaian upacara bendera dengan penuh hidmad.***