Fungsi Media Blog Bagi Blogger Guru

Fungsi media blog bagi blogger guru - Pada awalnya media publikasi menjadi kendala bagi sebagian guru. Mau dikirim ke media cetak mana karya inovasi guru. Media online mana yang bisa menerima kiriman karya tulis guru.

Ilustrasi gambar (pixabay.com)

Pihak media cetak maupun online memiliki kriteria dan persyaratan tertentu untuk mempublikasikan karya penulis, termasuk guru.

Sebagian karya guru pun lulus dalam kriteria dan persyaratan serta layak muat. Tentunya, karya tulis publikasi media massa dapat menjadi bahan usul kenaikan pangkat guru.

Kini guru yang memiliki blog sudah bisa mempublikasikan sendiri karya-karyanya. Kapan mau dan bisa menulis karya tulis. Bisa dilakukan melalui media blog pribadinya.

Disisi lain blogger guru adalah seorang admin, penulis, editor dan sekaligus penerbit. Guru blogger itu multi-fungsi pada media blog.

Lalu apa fungsi media blog bagi seorang guru blogger?

Blog bagi seorang guru blogger berfungsi sebagai media dokumentasi karya inovasinya. Karya tulis guru blogger dapat didokumentasikan dengan mudah di blog pribadinya.

Selain itu blog juga menjadi media berbagi. Berbagi itu indah, apalagi berbagi ilmu, pengetahuan dan pengalaman kepada teman sesama guru dan orang banyak.

Blogger guru juga berfungsi sebagai publisher iklan. Guru blogger daoat mempromosikan berbagai produk, jasa dan usaha pihak lain melalui blognya.

Fungsi ini jelas akan mendatangkan manfaat dan keuntungan secara finansial kepada blogger guru.

Melalui media blog ini seorang blogger guru bisa memperoleh penghasilan (tambahan). Misalnya menjadi publisher pada google adsense.

Sebenarnya, tidak mesti semua guru di suatu sekolah menjadi blogger guru dan memiliki media blog.

Guru lain dapat mempublikasikan karya-karyanya pada media blog blogger guru di sekolah, termasuk media blog matrapendidikan.com ini.

Semoga bermanfaat. ***