Belajar Sunguh-sungguh Sebagai Bekal Hadapi Kompetisi 'Hidup'

Belajar sunguh-sungguh sebagai bekal hadapi kompetisi 'hidup' - Di minggu pertama Januari 2022 ini, ada sekolah yang sudah memulai Hari Pertama Sekolah (HPS) Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022. Sementara itu dipastikan juga ada sekolah yang baru memulai Libur Akhir Semester Ganjil.

Ilustrasi gambar (pixabay.com)

Perbedaan jadwal kegiatan akhir Semester Ganjil dan Awal Semester Genap ini tergantung pada kebijakan daerah pada masa Pandemi Covid-19.

Bagi guru hal itu mungkin tidak menjadi sesuatu yang penting. Begitu pula bagi siswa sebagai objek sekaligus subjek yang belajar.

Bagi siswa yang sudah memulai HPS Senin pada minggu ini. Yang paling penting adalah bagaimana sikap siswa memulai awal semester genap ini. 

Memulainya dengan 'nawaitu' dan tekad agar lebih baik proses dan hasil belajar di Semester Genap.

Pada hakikatnya, belajar di sekolah maupun di rumah. Sistem belajar tatap muka maupun daring.

Semua itu dalam rangka membekali diri siswa dengan ilmu pengetahuan (kognitif), sikap dan perilaku (afektif) serta keterampilan dan kecakapan hidup (psikomotorik).

Siswa perlu belajar lebih optimal sehingga bekal itu bisa dimiliki. Alasan penting mengapa bekal diri siswa perlu dipersiapkan mengingat kompetisi hidup semakin ketat di tengah perkembangan informasi dan teknologi.

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi harus berkompetisi. Siswa yang lolos seleksi tentunya yang benar-benar siap untuk itu.

Begitu pula dengan dunia kerja. Dunia kerja membutuhkan tenaga-tenaga yang terampil dan memiliki ilmu pengetahuan dan mentalitas yang baik.

Diharapkan, siswa yang sudah menyiapkan diri dengan berbagai bekal dapat menciptakan lapangan kerja untuk dirinya dan masyarakat di sekitarnya.

Itulah mengapa siswa perlu membekali diri dengan belajar sungguh-sungguh dimana dan kapan serta sistem apa saja.

Selamat memulai semester genap dan selamat berlibur bagi siswa yang memulai liburnya minggu ini ***