Meliput dan Mengomentari Pertandingan Sepakbola Tarkam

Meliput dan mengomentari pertandingan sepakbola tarkam – Sejak 3 tahun belakangan blog Matra Pendidikan ini rutin mempublikasikan informasi turnamen bola kaki antar kampung (Tarkam). Khususnya turnamen yang berlangsung di sekitar tempat tinggal Admin.

Komentator sepakbola Tarkam (dok.pri/ matrapendidikan.com)

Sepakbola adalah olahraga universal yang digemari oleh orang dari segala usia. Dari segala tingkatan sosial, di perkotaan maupun di pelosok pedesaan.

Sebagai blogger saya punya kesan tersendiri terhadap turnamen sepakbola Tarkam. 

Terjun ke lapangan sepakbola untuk meliput jalannya suatu pertandingan. Tidak peduli cuaca kurang baik. Saya sudah sampai di lapangan beberapa menit sebelum pertandingan dimulai.

Memang, nonton sepakbola Tarkam sudah menjadi hobi sejak kecil. Kemudian hal itu didukung saat ini oleh pekerjaan sampingan saya menulis dan mengelola blog.

Klop sudah, hobi nonton berpadu dengan kegiatan meliput jalannya  pertandingan sepakbola Tarkam untuk dijadikan bahan tulisan.

Kenyataannya, saya tidak hanya meliput jalannya pertandingan pada turnamen Tarkam.

Saya juga sering ‘terjun' menjadi komentator jalannya pertandingan melalui pengeras suara.

Komentator pertandingan

Jadi komentator pertandingan Tarkam lain pula serunya. Skill berbicara cepat sangat diuji. Tidak jarang sampai belepotan saat mengomentari jalannya suatu pertandingan.

Selain itu juga harus menguasai istilah-istilah dalam olahraga sepakbola. Semakin banyak menguasai istilah sepakbola plus perkembangan olahraga terkini semakin lancar berkomentar.

Ucapan yang keluar dari mulut komentator sulit direkayasa. Sebab komentator harus melaporkan kejadian yang dilihat nyata oleh penonton yang datang ke lapangan.

Memang agak sulit jika dibandingkan menulis liputannya. Intonasi dan gaya bahasa komentator akan didengar langsung oleh penonton yang juga sedang menonton langsung.

Menulis liputan tarkam

Screenshot hasil liputan turnamen sepakbola Tarkam (matrapendidikan.com)

Hasil liputan yang diperoleh di lapangan kemudian diolah sampai di rumah. Usai proses penulisan dan pengeditan kemudian diterbitkan di blog serta dibagikan ke media sosial.

Kegiatan meliput dan mempublikasikan hasil liputan turnamen Tarkam akan bermuara pada trafik pengunjung blog.

Terbukti memang, info dan turnamen sepakbola mampu mendongkrak trafik visitor.***