Pagelaran Seni Kembali Dilaksanakan di Sekolah

Pagelaran seni kembali dilaksanakan di sekolah – Setelah ditiadakan tahun lalu kini kegiatan pagelaran seni di SMPN 2 Lintau Buo kembali dilaksanakan. Sebanyak 75 siswa kelas 9 telah menunjukkan kebolehannya dalam ujian praktek mata pelajaran Seni dan Budaya tersebut, Rabu (9/3/22).

Kesenian randai (matrapendidikan.com)

Pagelaran seni dihadiri oleh orangtua/wali murid, siswa alumni dan undangan lainnya.

Ketua Komite SMPN 2 Lintau Buo Maisal dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan kesiswaaan tersebut.

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pelaksanaan kegiatan pagelaran seni ini,” ujar Maisal diawal sambutannya.

Maisal berikan sambutan (matrapendidikan.com)

Lebih jauh Maisal mengemukakan bahwa orangtua/wali murid dapat menyaksikan sendiri anak-anaknya dalam menampakkan bakatnya dibidang seni.

Di bagian lain ketua komite sekolah menyinggung program kesiswaan lain yang menunjang praktik bidang keagamaan seperti program tahfizh.

Hal itu telah ditunjang dengan selesainya pembenahan musholla Nurul Ilmi SMPN 2 Lintau Buo.

Syafrida SPd buka pagelaran seni (matrapendidikan.com)

Sementara itu Syafrida SPd, Kepala SMPN 2 Lintau Buo membuka secara resmi kegiatan pagelaran seni tersebut.

Dalam sambutan pembukaan, Syafrida SPd menyampaikan bahwa pagelaran seni merupakan bagian proses penilaian pembelajaran di sekolah.

Tari Indang (matrapendidikan.com)

“Siswa telah dapat menunjukkan minat dan bakatnya di bidang seni yang dipelajari secara teori. Pagelaran ini juga menjadi proses penilaian ujian praktik mata pelajaran Seni dan Budaya,” ungkap Syafrida SPd.

Selain dinilai oleh guru mata pelajaran SBD, Elfianti SSn, penampilan bakat dan minat siswa juga mendatangkan Nofrianti S.Pd guru SBD dari SMPN 1 Lintau Buo.

Randai dengan judul "Anggun Nan Tongga" merupakan salah satu kesenian tradisional yang dipertunjukkan oleh kelompok siswa disamping seni tari. 

Cerita Anggun Nan Tongga tentu saja menyita perhatian orangtua/wali murid yang hadir.

Beberapa siswa telah berperan dalam cerita tersebut dengan kocak sehingga mendatangkan gelak tawa.

Tarian yang dipagelarkan siswa antara lain tari Pasambahan, indang dan tari payung serta vokal grup.

Kegiatan Pagelaran ini didukung musik organ tunggal Aldo Musik.***