Siswa SMPN 2 Lintau Buo Ikuti Muhasabah di Masjid Nurul Huda Taluk

Siswa ikuti muhasabah di masjid nurul huda taluk – Siswa kelas 9 SMPN 2 Lintau Buo mengikuti kegiatan Muhasabah, Rabu (2/3/22) di Masjid Nurul Huda Tigo Tumpuak Nagari Taluk Kab. Tanah Datar.

Motivator Ustadz Yengki Otrio (matrapendidikan.com)

Para siswa didampingi oleh orangtua/wali muridnya. Selain tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, kegiatan Muhasabah juga dihadiri komite sekolah dan pengurus masjid.

Muhasabah merupakan kegiatan rutin dalam rangka mempersiapkan siswa secara spiritual dalam mengikuti ujian terakhir agar lulus dengan hasil yang memuaskan.

Sementara itu Ketua Komite SMPN 2 Lintau Buo, Maisal dalam sambutannya mengingatkan kembali orangtua/wali murid untuk memperhatikan sholat anak-anaknya.

Maisal, Ketua Komite SMPN 2 Lintau Buo (matrapendidikan.com)

“Perlu menjadi pemikiran bagi kita orangtua tentang anak kita yang tidak sholat,” ujar Maisal, antara lain dalam sambutannya.

Kepala SMPN 2 Lintau Buo, Syafrida SPd menghatapkan agar kegiatan Muhasabah dapat diikuti dengan baik oleh siswa dan orangtu/wali murid.

“Semoga setelah muhasabah ini terjadi perubahan pada diri siswa tentang sikap dan perilakunya” sebut Syafrida SPd berharap.

Syafrida SPd Kepala SMPN 2 Lintau Buo (matrapendidikan.com)

Baik ketua komite maupun kepala sekolah menyesalkan persentase kehadiran siswa maupun orangtua/wali murid belum sesuai harapan.

Kunci sukses

Kegiatan Muhasabah dipimpin oleh Ustadz Yengki Otrio, ST motivator kondang dari Kota Payakumbuh.

Di bagian awal, Ustadz Yengki, yang juga Ketua KONI Payakumbuh ini memotivasi siswa dengan kalimat-kalimat motivasi.

Siswa dan orangtua/wali murid (Dona/ matrapendidikan.com)

“Mulailah membiasakan yang benar, bukan membenarkan yang biasa,” ujar ustadz motivator melalui slide yang ditayangkan melalui layar proyektor.

Selanjutnya ustadz yang juga Sarjana Teknik Elektro Unand Padang ini juga menjajaki maunya siswa sebagai anak.

Dari hasil penjajakan itu didapat siswa yang maunya bertambah ilmunya. Kepada siswa tersebut diberikan reward khusus oleh ustadz.

“Dengan ilmu kehidupan menjadi mudah. Itu sebabnya sangat penting bagi siswa belajar dengan tekun agar mendapat ilmu sehingga hidupnya lebih mudah kelak di kemudian hari,” ujarnya.

Pada bagian selanjutnya Ustadz "serba bisa" ini memberikan kunci sukses buat siswa. 

Diantaranya menghargai ilmu dan orang yang memberikan ilmu, memiliki impian, fokus (konsentrasi), menghargai waktu dan mempunyai kemauan yang kuat untuk sukses.***