FANS2 di Tobek Panjang Nagari Tigo Jangko 2022 Diprediksi Bakal Meriah

Fans2 di tobek panjang tigo jangko 2022 diprediksi bakal meriah – Seperti yang sudah diinfokan sebelumnya di media ini, IPTJ (Ikatan Pemuda Tigo Jangko) Lintau Buo Kab. Tanah Datar bakal menghelat FANS2 (Festival Anak Nagari Selaju Sampan) di Tobek Panjang Nagari Tigo Jangko mulai di hari kedua lebaran Idul Fitri 1443 H.

Tobek Panjang Nagari Tigo Jangko view udara (M.Ikhsan/ matrapendidikan.com)

Memang, iven selaju sampan di Tobek Panjang ini tidak termasuk ke dalam kalender wisata dan budaya Kab. Tanah Datar 2022.

Namun disisi lain, kreatifitas pemuda di nagari yang berpenduduk 6 ribu lebih jiwa ini patut diacungkan jempol. Kenapa tidak? 

Iven Selaju Sampan di Tobek Panjang ini konon sudah menjadi tradisi tahunan sejak dulu. 

Sempat terhenti selama 12 tahun karena berbagai faktor. Salah satunya karena perbaikan dan pembenahan fisik Tobek Panjang. 

Tahun 2018 kembali digelar ajang pacu perahu ini. Iven ini mendapat sambutan yang luar biasa dari pengunjung dan berlangsung meriah dan sukses.

Namun sayang sekali, iven itu juga untuk yang terakhir karena faktor yang tak dapat dielakkan. Sebutlah faktor wabah Covid-19, salah satunya.

Kabar gembira kembali datang, pemuda akan menggelar FANS2 Tobek Panjang Tigo Jangko 2022.

Kabar itu menyiratkan optimisme luar biasa. Tidak hanya di kalangan masyarakat di kampung melainkan juga para perantau anak Nagari Tigo Jangko.

Bagi masyarakat di kampung halaman, iven FANS2 Tobek Panjang tentu akan menjadi ajang hiburan menarik di hari lebaran.

Ekonomi masyarakat akan menggeliat kuat karena iven tersebut menjadi ajang pemasaran produk kuliner tradisional masyarakat Nagari Tigo Jangko khususnya dan masyarakat Lintau IX Koto umumnya.

Bagi perantau yang berasal dari Nagari Tigo Jangko di seluruh Indonesia. Tentu kabar ini menjadi sugesti yang kuat untuk pulang ke kampung halaman tercinta, Tigo Jangko Nan Indah.

Pihak panitia penyelenggara, unsur Pemerintahan Nagari (Pemnag) dan segenap elemen lembaga adat, sosial kemasyarakatan. Diyakini sudah memasang ‘kuda-kuda’ untuk menyikapi dan menindaklanjuti iven akbar FANS2 Tobek Panjang Nagari Tigo Jangko 2022 ini sejak awal.

Semoga lancar dan sukses.***