Selamat Datang Ramadhan 1443 H

Selamat datang ramadhan 1443 H – Bulan Ramadhan telah datang kembali. Kita merasa gembira dapat berjumpa kembali dengan bulan istimewa ini, bulan Ramadhan 1443 H.

Ilustrasi gambar (pixabay.com)

Kegembiraan kita berjumpa dengan bulan penuh ampunan (maghfiroh) ini tentu saja cukup beralasan. 

Kita masih diberi kesempatan untuk menghapus dosa yang mungkin banyak dilakukan sebelumnya.

Sementara banyak saudara-saudara kita yang berharap dan berdoa dapat bertemu Ramadhan ini, ternyata sudah dipanggil menghadap sang Khalik.

Itu tidak pandang bulu, sesuai peribahasa numbang jatuah kalapo jatuah.

Mungkin ada saudara-saudara kita yang berjumpa dengan bulan Ramadhan ini namun tidak sempat menunaikan ibadah puasa dan melaksanakan qiyamullail.

Alasan sakit misalnya. Sakit berkepanjangan tentu meski membayar fidyah. Namun sakit yang tidak menahun harus menggantinya di bulan yang lain.

Kewajiban berpuasa dijatuhkan atas orang-orang yang beriman. Sebab, tujuan umum berpuasa adalah mewujudkan dan meningkatkan derajat taqwa.

Hal itu dapat dibaca dalam QS Al Baqarah; 183

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu. Mudah-mudahan kamu menjadi orang yang taqwa.”

Puasa di bulan Ramadhan mestilah dijalani dengan ilmu sehingga dapat mengetahui rukun dan syarat wajib berpuasa dan juga penting mengingat kembali hal lain yang berhubungan dengan puasa.

Misalnya mengingat kembali hal-hal yang membatalkan puasa itu sendiri.

Ini menjadi salah satu persiapan agar ibadah puasa dapat dijalankan dengan benar dan tidak hanya sekadar mendapatkan haus dan lapar.

Marhaban ya Ramadhan... Selamat datang ya ramadhan. 

Matrapendidikan.com dan segenap kru mengucapkan Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1443H. Mohon maaf lahir dan bathin.***