Bupati Tanah Datar Buka Pacu Perahu di Tobek Panjang Nagari Tigo Jangko

Bupati tanah datar buka pacu perahu di tobek panjang nagari tigo jangko – Bupati Tanah Datar Eka Putra SE MM membuka secara resmi Iven pacu perahu di Tobek Panjang Nagari Tigo Jangko Tahun 2022, Selasa sore (3/5/22).

Bupati Eka Putra SE MM berikan sambutan pada pembukaan pacu perahu (matrapendidikan.com)

Dalam sambutannya, bupati menyampaikan bahwa nagari Tigo Jangko akan masuk ke dalam program unggulan Tanah Datar Satu Nagari Satu Iven (One Nagari One Event) apabila sudah terpenuhi persyaratannya.

Acara pembukaan

Hadir dalam acara pembukaan (open of ceremony) yang dipandu presenter Dhea Ademauna antara lain Jefri Masrul SE, anggota DPRD Sumbar dan Asrul Jusan, anggota DPRD Tanah Datar.

Selain itu juga tampak Kadis Parpora Tanah Datar Hendri Agung Indrianto, B.Mgt,MHSPS dan Sekretaris BPBD Tanah Datar Drs. Agusril Majid.

Camat Lintau Buo Afrizal SE serta unsur Forkopimca juga hadir bersama Wali Nagari Tigo Jangko Mustafa Kamal Dt. Incek Gagah, Wali Nagari Taluk Pendi Aswil, H. Masrul Yakin Dt. Paduko Kayo, Yusrizal pengusaha sate Lintau di Pekanbaru, tokoh masyarakat Nagari Tigo Jangko serta undangan lainnya.

Herman Fitri sampaikan laorannya (matrapendidikan.com)

Ketua panitia penyelenggara FANS2 Tobek Panjang Nagari Tigo Jangko Tahun 2022, Herman Fitri dalam laporannya menyampaikan bahwa iven pacu perahu ini terselenggara berkat sinerji para pemuda dengan pemerintah nagari, BPRN, KAN Tigo Jangko serta sponsor dan donatur dari masyarakat di perantauan dan kampung halaman.

“Kegiatan pacu perahu di Tobek Panjang ini sudah berlangsung sejak tahun 1970-an. Kini kembali diselenggarakan setelah terhenti beberapa tahun akibat pandemi Covid-19 dan musim kekeringan,” sambung Herman Fitri.

Herman Fitri juga menyampaikan tujuan Iven pacu perahu dalam rangka memeriahkan hari raya Idul Fitri 1443 H, melestarikan tradisi masyarakat Nagari Tigo Jangko serta menuju program unggulan Tanah Datar Satu Nagari Satu Iven.

Sementara itu Wali Nagari Tigo Jangko Mustafa Kamal Dt. Incek Gagah menyampaikan, pengembangan Tobek Panjang ini sebagai tempat wisata yang berdampak terhadap ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Nagari Tigo Jangko dan sekitarnya.

Wali Nagari Tigo Jangko Mustafa Kamal Dt. Incek Gagah (matrapendidikan.com)

Pemerintah Nagari Tigo Jangko akan mendukung program unggulan Tanah Datar 2022 dan tahun 2023 ajang pacu perahu akan masuk program satu nagari satu iven tersebut.

Sementara itu Yusrizal atau disingkat YSL, pengusaha sate Lintau sukses di Pekanbaru sangat mendukung Alek Anak Nagari Selaju Sampan ini.

YSL wakili perantau Tigo Jangko (matrapendidikan.com)

“Kami mewakili para perantau akan terus memberikan dukungan terhadap setiap kegiatan anak Nagari Tigo Jangko,” kata YSl.

Jefri Masrul SE, anggota DPRD Sumbar dalam sambutannya mengatakan ajang pacu perahu menjadi ajang silaturahmi antara masyarakat dengan perantau Tigo Jangko.

Jefri Masrul SE dukung Tigo Jangko dalam Program satu nagari satu iven (matrapendidikan.com)

Selain itu kata Jefri, iven pacu perahu akan berdampak terhadap ekonomi masyarakat Tigo Jangko. 

Disisi lain Jefri menyigi perihal pembukaan pacu perahu oleh bupati Tanah Datar tahun ini.

“Baru pertama kali dalam sejarah iven pacu perahu di Tobek Panjang ini yang dibuka langsung oleh Bupati Tanah Datar,” tukuk Jefri Masrul SE.

Lebih jauh anggota DPRD Sumbar yang juga putra Nagari Tigo Jangko itu akan memfasilitasi upaya mewujudkan pacu perahu ini menjadi program unggulan satu nagari satu iven tahun depan.

Apresiasi bupati

Bupati Tanah Datar Eka Putra SE MM memberikan apresiasi yang luar biasa kepada pemuda, panitia dan masyarakat atas diselenggarakannya iven pacu perahu di Tigo Jangko.

“Ini luar biasa sekali, Nagari Tigo Jangko telah memulai iven pacu perahu sebelum digulirnya agenda wisata di Tanah Datar Tahun 2022 ini.” puji bupati diiringi tepuk tangan masyarakat pengunjung.

Nuansa memukau pacu perahu di Tobek Panjang Nagari Tigo Jangko (matrapendidikan.com)

Lebih jauh Eka Putra SE MM menginformasikan bahwa program Satu Nagari Satu Iven sudah berjalan di 14 Nagari.

Nagari yang sudah melaksanakan program ini akan mendapat bantuan 50 juta rupiah per nagari.

Untuk mewujudkan program tersebut, bupati tanah Datar memberikan masukan pada unsur terkait agar panitia lebih profesional dan giat lagi termasuk mendata income pedagang dan lain sebagainya.

Semua itu dilengkapi dengan bukti fisik seperti rilis kegiatan wisata di media sosial dan media lainnya.

“Diharapkan Nagari Tigo Jangko menjadi salah satu Nagari Wisata di Kabupaten Tanah Datar sehingga iven ini tidak hanya di hari lebaran namun juga di bulan bahkan momen tertentu,' kata Eka Putra SE MM memberikan semangat.

Eka juga mengingatkan agar sarana prasarana  diarea wisata ini selalu terlihat bersih. Toilet yang memadai, kemudian kepada pedagang harus menampilkan harga produk yang jelas.

“Dengan demikian pengunjung akan nyaman dan betah berkunjung di lokasi wisata ini,” tambah bupati.

Pada kesempatan itu bupati juga menyerahkan langsung sumbangan uang senilai 5 juta rupiah sebagai hadiah untuk pemenang juara I kepada pihak panitia penyelenggara.

Bupati kibar bendera start melepas 3 tim pacu perahu (matrapendidikan.com)

Pada bagian akhir kegiatan open of ceremony Pacu Perahu di Tobek Panjang Nagari Tigo Jangko. Bupati Tanah Datar melepas 3 tim pacu perahu dengan mengangkat bendera start.

Iven pacu perahu alias selaju sampan ini akan berlangsung 10 hari, 3 sd 13 Mei 2022.***