Lokakarya Pendidikan Akan Menghasilkan Naskah KTSP dan KOSP!

Lokakarya pendidikan akan menghasilkan ktsp dan kosp! – Lokakarya pendidikan di sekolah akan menghasilkan 2 naskah kurikulum, KOSP dan KTSP. Naskah KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan) untuk Kurikulum Merdeka yang diterapkan di kelas 7 mulai Tahun Pelajaran 2022/2023.

Peserta lokakarya bersama pengawas Hidayat MPd.T (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.com)

Sementara naskah KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) untuk kelas 8 dan 9 yang masih menerapkan Kurikulum 2013.

Berkaitan dengan hal tersebut, menarik untuk dicermati apa yang disampaikan Iskandar SPd, Kepala SMPN 3 Lintau Buo Utara dalam pembukaan lokakarya bersama SMP kluster Lintau Buo dan Lintau Buo Utara.

Dalam sambutannya, ia mengingatkan agar peserta Lokakarya jangan terlalu terfokus hanya pada KOSP. 

Tentu saja peringatan itu dapat dimaklumi karena penerapan Kurikulum Merdeka baru dimulai Tahun Pelajaran 2022/2023 untuk kelas 7 SMP. Sementara Kurikulum 2013 masih berlaku untuk kelas 8 dan 9.

Artinya, dua tingkat kelas di suatu sekolah masih akan mengacu pada KTSP.

Diperoleh informasi naskah KTSP dijadwalkan pada bulan Juli 2022 sudah rampung sedangkan naskah KOSP dirampungkan bulan Agustus 2022.

Menindaklanjuti hal tersebut, lokakarya pendidikan di SMPN 2 Lintau Buo pada hari kedua, Senin (27/6/22) lebih memfokuskan pembahasan pada tema KTSP.

Namun sebelumnya di hari yang sama, peserta lokakarya yang juga dihadiri oleh Osis memperoleh pencerahan tentang KOSP dari Hidayat MPd.T, Pengawas Satuan Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Tanah Datar.

Lokakarya pendidikan di hari ketiga akan berlangsung Rabu (29/6/22) dengan narasumber Rosyid Mahmudi MPd.***