Pengaruh Insecurity Terhadap Karakter Remaja

Pengaruh insecurity terhadap karakter remaja - Insecure merupakan sebuah perasaan yang sering kali membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Baik itu dari segi fisik ataupun pencapaian orang lain, insecure sendiri banyak di dialami oleh remaja.

Masa remaja merupakan transisi dari masa kanak-kanak, akan banyak perubahan yang dialami baik dari segi fisik, sosial juga emosional. Insecure juga mendatangkan rasa tidak aman bagi penderitanya, karena mereka akan merasa sangat tidak percaya diri dengan apa yang dia punya.

Padahal Allah telah berfirman  “Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar, dengan membentuk rupamu lalu memperbagus rupamu, dan kepadanya tempat Kembali.” (Q.s At-thagabun : 3)

Pernah mendengar nama Rahma Haruna? Ia adalah Wanita Nigeria yang hidup dalam baskom, karena tangan, kaki, dan tubuhnya tidak bertumbuh sejak usia 6 bulan.

Orangtua dan saudaranya menaruhnya di baskom agar memudahkan mereka membawa tubuhnya kemanapun. Muslimah berkulit gelap ini pun tumbuh menjadi gadis  dewasa, namun kondisi cacat yang dialaminya belum diketahui penyebab secara medis.

Yang luar biasa, ia tetap tumbuh menjadi gadis ceria dan memiliki cita-cita hebat, yakni ingin menjadi pengusaha dan memiliki toko sembako agar dapat melayani kebutuhan orang banyak.

Lain lagi kisah hidup yang dialami Zuly Sanguino asal kolumbia, Zuly terlahir tanpa tangan dan kaki, dan dia dibesarkan oleh seorang ayah yang terbilang keras, kasar dan suka main tangan.

Bahkan diusianya yang masih terbilang muda yakni belasan tahun dia mengalami pelecehan seksual. Namun walaupun dengan segala keterbatasan yang ada Zuly tetap berusaha tegar menghadapi lika-liku hidupnya.

Dengan segala kekurangan yang ia miliki tidak menjadikannya sebuah  penghalang untuk mencapai cita-citanya, walaupun tidak memiliki kaki dan tangan Zuly tetap belajar melukis menggunakan mulutnya.

Dengan dukungan penuh yang diberikan oleh wanita hebat yang menyayanginya setulus hati yaitu ibunya Zuly bukan hanya menjadi seorang pelukis profesional akan tetapi dia menjadi seorang penceramah yang memotivasi banyak kalangan di negaranya.

Lain halnya yang terjadi pada Nick Vujicic, seorang lelaki yang terlahir tanpa tangan dan kaki, beberapa kali depresi, beberapa kali juga ingin mengakhiri hidupnya karena stress, akan tetapi kini ia menjadi seorang motivator ternama , menikahi seorang gadis cantik dan memiliki keturunan yang sehat maa syaa Allah.

Melalui beberapa kisah ini, lantas apa yang harus kita keluhkan lagi, betapa baiknya Allah memberikan fisik yang utuh dan normal.

Bagaimana mungkin kita masih membandingkan apa yang Allah berikan pada kita, lantas dimana letak rasa syukur kita.

Teringat sebuah perkataan seorang pepatah “ Apa yang terjadi pada anda tidak penting. Yang penting adalah apa yang anda lakukan terhadap apa yang terjadi pada anda.” ( DR. Robert Schuler)

Jadi intinya bagaimana kita bisa menghadapi apa yang di berikan oleh Allah sebagaimana firman-Nya . Artinya “ Allah tidak membebani seorang hamba melainkan sesuai dengan kesanggupannya….” ( Q.s Al-baqarah ; 286)

Remaja insecure karena adanya perubahan hormonal, sehingga rasa cemasnya itu lebih tinggi dibanding dengan usia lainnya.

Insecure memang sangat mempengaruhi life style seseorang, akan tetapi Ketika kita melihat dari sisi positif, insecure bisa menjadi pemicu kita untuk merubah gaya hidup kita, Ketika kita insecure melihat penghasilan dan keberhasilan seseorang harusnya ada aksi yang kita lakukan bukan malah terus-terusan menyalahkan diri sendiri, karena sejatinya kita semua punya pasion dan kelebihan masing -masing. Sehingga Ketika insecure ada goals yang harus kita capai.

Dampak insecure itu membuat seseorang merasa dirinya tidak berharga , menjadi seseorang yang pasif karena dengan isecure seseorang akan merasa enggan untuk bersosialisasi dan lebih memilih mengurung diri.

Dan yang paling buruknya lagi adalah akan mengalami gangguan kesehatan mental , yang sangat mempengaruhi karakter remaja untuk bisa maju dan berkembang.

Penyebab terjadinya insecure dipengaruhi oleh pertemanan yang out of the group, tuntutan dari orang tua yang sering tidak dipahami karena selalu mengukur keberhasilan dari orang lain.

Ditambah lagi tuntutan dari media sosial yang mengharuskan semua orang tampil sempurna. Padahal good looking bukanlah satu-satunya kelebihan dimuka bumi ini, Ketika kita diberi privillage berupa fisik yang cantik atau tampan maka bersyukur, dan yang diberi privillage fisik biasa saja maka banyak belajar, karena good attitude juga memiliki daya Tarik tersendiri. Jadi berikan satu gagasan untuk kehidupanmu yang lebih baik.

Insecure memang susah untuk dihilangkan, walaupun hilang sewaktu-waktu akan datang lagi, namun ada beberapa tips agar kita bisa mengurangi frekuansi atau level insecurity ini diantaranya:

1.  Sayangi dan hargai diri sendiri

Dengan kita menghargai diri kita, maka secara tidak langsung kita telah berterima kasih karena telah berjuang hingga sampai pada titik ini. Dengan kita belajar menghargai diri sendiri maka kita akan tau apa yang pantas untuk kita dapatkan dan apa yang tidak pantas.

2. Lakukan “ me time” atau meluangkan waktu untuk memanjakan diri sendiri

Dengan kita meluangkan waktu untuk diri sendiri, maka itu akan membantu untuk Kesehatan mental kita, kita bisa lebih mensyukuri apa yang dimiliki diri sendiri dan bisa tampil lebih percaya diri dengan semua kelebihan dan kekurangan diri.

3.Positif thinking

Masalah dalam hidup ini tidak hanya datang pada satu dua atau segelintir orang saja, akan tetapi semua orang memiliki masalah hidup yang berbeda-beda, ada yang menyikapi dengan tenang dan melihat dari sisi positifnya dan ada juga yang menyikapi masalahnya dengan gusar sehingga selalu menyalahkan diri sendiri. Oleh karena itu dengan positif thinking itu akan meminimalisir terjadinya insecure dan akan lebih mudah terhindar dari rasa cemas, khawatir dan ketakutan.

4.Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Setiap kita punya pasionnya masing-masing, jika terus-terusan membandingkan kapan kita bisa berkembang. Jika setiap hari patokannya manusia maka tidak akan ada habisnya, karena sejatinya manusia haus akan pujian.

Jadi syukuri kualitas diri kita dan terus mengupgrade apa yang kita punya bukan melihat kanan kiri untuk menjadi sukses, tapi lihatlah apa yang kamu mampu itu akan jauh lebih baik.

5.Jauhi diri dari circle yang membuat anda insecure

Bukan masanya mencari circle untuk bergengsi, memilih pertemanan yang hedon sehingga memaksakan sesuatu yang tidak mampu dilakukan. Sekarang memulai untuk bijaksana dalam memilih lingkungan dan pertemanan, pilihlah yang bisa membuat kamu berkembang bukan malah membuat kamu insecure dan sampai melakukan hal yang tidak seharusnya kamu lakukan.

Penulis : Devi Naraswati (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani)

Referensi :

Rizki Melinda sari , 3 dampak buruk terus merasa insecure, berpengaruh pada mental! https://almasoem.sch.id/rasa-insecure-pada-remaja-masa-kini-dan-cara-mengatasinya/ diakses 20 mei 2022

Rasa insecure pada remaja masa kini dan cara mengatasinya, https://m.merdeka.com/sumut/10-ciri-ciri-remaja-dan-karakter-khasnya-yang-perlu-dipahami-orang-tua-kln.html?page=10  di akses 20 mei  2022

Dibalik kekurangan ada kelebihan yang Allah titipkan, https://izi.or.id/di-balik-kekurangan-ada-kelebihan-yang-allah-titipkan/ di akses 20 mei 2022