Survei Lingkungan Belajar dan Manfaatnya

Survei lingkungan belajar dan manfaatnya - Dalam waktu dekat kepala sekolah dan guru akan mengisi Survei Lingkungan Belajar (SLB) Tahun 2022. Sehubungan dengan survei online tersebut, Matra Pendidikan akan menurunkan artikel tentang SLB dan manfaatnya.

Survei Lingkungan Belajar secara online (dok.Matrapendidikan.com)

Seperti diketahui, SLB merupakan bagian dari Asesmen Nasional yang berfungsi untuk mengevaluasi mutu pendidikan di suatu sekolah.

Selain SLB, kita mengenal instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter (SK) dalam Asesmen Nasional.

AKM dan Survei Karakter diisi oleh siswa sedangkan SLB diisi oleh kepala sekolah dan guru.

SLB

Dari laman Pusmendik (Pusat Asesmen Pendidikan) dinyatakan bahwa LSB merupakan suatu alat ukur yang digunakan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung pembelajaran di sekolah.

Dari evaluasi dan pemetaan survei akan diperoleh gambaran faktor in-put dan proses pembelajaran yang berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Dapat dikatakan, proses dan hasil belajar siswa akan ditentukan oleh bagaimana proses pembelajaran, refleksi dan perbaikan praktik pembelajaran oleh guru, visi dan misi serta kebijakan kepala sekolah dan bagaimana iklim sekolah.

Proses pembelajaran bermutu akan mengantarkan pada hasil belajar siswa yang berkualitas.

Dalam melaksanakan pembelajaran bermutu, guru diharapkan konsisten dalam merefleksi dan memperbaiki praktik pembelajaran tersebut.

Yang tak kalah penting adalah bagaimana visi dan kebijakan kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran.

Dengan demikian kepala satuan pendidikan ini akan berfokus pada penciptaan iklim sekolah yang aman dan nyaman, menghargai perbedaan potensi secara inklusif.

Manfaat SLB

SLB akan bermanfaat bagi setiap unsur seperti pemerintah, kepala sekolah, guru dan siswa.

Bagi pemerintah daerah, hasil SLB dapat digunakan sebagai dasar untuk mengambil kebijakan dalam sistem pendidikan di daerah.

Begitu pula bagi kepala sekolah, hasil SLB ini menjadi bahan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran di sekolah.

SLB oleh guru akan bermanfaat dalam memperoleh gambaran unsur pendukung suasana lingkungan pembelajaran yang lebih kondusif dan komprehensif.

Tentunya, hasil SLB juga mendatangkan manfaat bagi siswa dimana mereka akan memperoleh rapor dan profil sekolah secara umum.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel