Festival Pesona Budaya Pangian Tahun 2022 Resmi Dibuka Bupati Tanah Datar

Festival pesona budaya pangian tahun 2022 resmi dibuka bupati tanah datar – Bupati Tanah Datar Eka Putra SE,MM membuka secara resmi Festival Pesona Budaya Pangian Tahun 2022 di Komplek Kantor Camat Lintau Buo, Koto Kaciak Pangian, Sabtu (15/10/22).

“Pembukaan kegiatan Festival Pesona Budaya Pangian hari ini sangat istimewa menurut saya karena dihadiri oleh pejabat putra daerah yang berasal dari Nagari Pangian dan Kecamatan Lintau Buo bahkan sampai dihadiri oleh wisatawan dari Belanda,” ujar Eka Putra SE,MM gembira.

Lebih jauh Bupati Tanah Datar Eka Putra SE, MM mengungkapkan, Festival Pesona Budaya Pangian diharapkan akan meningkatkan kunjungan wisata ke Pangian sekaligus meningkatkan perekonomian melalui UMKM. 

Hal itu sejalan dengan salah satu program unggulan Bupati/Wakil Bupati Tanah Datar.

Selain itu juga, kata bupati, festival ini menjadi upaya membangkitkan dan melestarikan nilai seni dan budaya Nagari Pangian yang dibangun dari tempo doeloe.

Festival Pesona Budaya Pangian 2022 dihadiri oleh Kadis Pariwisata Sumbar Drs. Luhur Budianda MSi, Anggota DPRD Sumbar Jefri Masrul SE, Mantan Bupati Tanah Datar Ir. Sadiq Pasadigue SH,MM.

Kemudian Asisten Pemda dan kepala OPD, pejabat pemerintah yang merupakan putra Pangian yang bertugas di Provinsi Riau dan Aceh serta undangan lainnya.

Sementara itu, sebelumnya Wali Nagari Pangian Abdul Wazid Dt Indo Mangkuto dalam laporannya menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada pejabat dan undangan lainnya serta tim panitia Festival Pesona Budaya Pangian dan masyarakat Pangian khususnya, masyakat di Kecamatan Lintau Buo umumnya.

Tokoh dan Ninik Mamak Pangian Drs. Luhur Budianda MSi, yang juga Kadis Pariwisata Sumbar dalam sambutannya menyampaikan rasa gembiranya terhadap alek Nagari Pangian.

“Pariwisata di Sumbar akan bangkit lagi setelah Pandemi Covid-19, termasuk melalui program Satu Nagari Satu Event Bupati/Wakil Bupati Tanah Datar.” ujarnya.

Selanjutnya, Kadis Pariwisata Sumbar menyambut baik 'alek nagari' Festival Pesona Budaya Pangian 2022.

“Kita menyambut baik event ini karena dapat menggerakkan ekonomi masyarakat Pangian. Oleh sebab itu event ini hendaknya menjadi kalender tetap di Nagari Pangian,” imbuhnya Luhur Budianda.

Ny. Lise Eka Putra 

Usai seremoni pembukaan Festival Pesona Budaya Pangian 2022 oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra SE,MM dilanjutkan dengan pertunjukan tari kolosal dan atraksi Marandang Baluik oleh kolaborasi antara sanggar seni Ardios dan sanggar Tiga Dara Pangian.

Sementara itu prosesi budaya Manis-manisi Anak dilakukan oleh Ketua Dekranasda Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra yang dipandu oleh para Bundo Kanduang Nagari Pangian.

Usai pertunjukan budaya 'Manis-manisi Anak' dilanjutkan dengan replika budaya 'Marandang Baluik' di depan pengunjung.

Prosesi ini semakin menarik ketika Bupati Tanah Datar Eka Putra SE, MM menyalakan api di tungku dan Ny.Lise 'mengacau' (mengaduk-aduk) bahan dan bumbu rendang Baluik (belut) dalam kuali besar.

Kemudian kedua "Sejoli" itu sama-sama memegang sanduak (sendok besar) pengaduk bahan dan bumbu Randang Baluik.

Menghidupkan budaya tempo doeloe

Festival Pesona Budaya Pangian Tahun 2022 akan berlangsung selama 2 hari, Sabtu dan Minggu(15 dan 16 Oktober 2022) di Komplek Kantor Camat Lintau Buo Koto Kaciak Pangian.

Festival ini diselenggarakan olek Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Nagari Pangian dengan tujuan menarik wisatawan berkunjung ke Nagari Pangian.

Ketua pelaksana festival/Pokdarwis Amuri Solaia menyebutkan bahwa Festival Pesona Budaya Pangian 2022 merupakan bagian dari Program Unggulan melalui pariwisata Satu Nagari Satu Event yang dilaunching oleh Pemkab. Tanah Datar.

Kemudian Festival Pesona Budaya Pangian menjadi event menghidupkan suasana nagari Pangian tempo doeloe.

Agenda festival

Festival Pesona Budaya Pangian Tahun 2022 akan dimeriahkan dengan beragam bentuk dan jenis kegiatan.

Seperti: pawai budaya, arakan 1000 kucuik, silek galombang, prosesi manis-manisi anak, marandang baluik, silek Lintau/silek Pangian, Pangian fashion street, pasar kuliner, pameran umkm, penampilan seni anak nagari, perlombaan tari, nyanyi dan fotograf dan malam hiburan.

Perlombaan yang diadakan antara lain lomba fotografi, tari tunggal kreasi dan lagu solo.

***