Hidup Mulia dengan Al Qur'an

Hidup Mulia Dengan Al Qur’an - Al Qur’an sebagai kitab suci ummat muslim di dunia yang diturunkan melalui manusia paling mulia di muka bumi ini, yaitu tidak lain dan tidak bukan Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam. Dengannya hidup seorang muslim menjadi tenang, bahagia, segala urusan menjadi mudah, dan tentunya aktivitas penuh dengan berkah.

Ilustrasi gambar (pixabay.com)

Allah Subhanahu wata’ala tidaklah menurunkan Al Qur’an semata-mata hanya sekedar menjadi dongeng biasa seperti yang dituduhkan oleh sebagian orang.

Akan tetapi, Al Qur’an sebagai sumber kejelasan antara yang hak dan yang batil, petunjuk, dan tentunya sebagai Rahmat yang kasih sayang Allah kepada makhluk-makhluk Nya.

Allah Subhanahu wata’ala berfirman yang artinya :  “Sungguh, Kami telah mendatangkan kepada mereka kitab (Alquran) yang telah Kami jelaskan secara terperinci atas dasar pengetahuan sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman”(QS. Al-Araf 7: 52).

Dengan Al Qur’an kita juga dapat memperkaya hidup. Bagaimana caranya? Dibawah ini akan dijelaskan bagaimana cara memperkaya hidup dengan Al Qur’an :

Membaca

Membaca Al Qur’an dengan tajwid dan makhroj huruf yang benar dapat menenangkan hati dan jiwa. Itu yang membuat kita dengan dengan Allah dan tidak berlarut-larut dalam kesedihan.

Membaca terjemahan dan tafsir

Kita bisa memperoleh pemahaman yang baik tentang kehidupan jika kita memahami Al Qur’an dengan benar.

Menghafal

Dari Abdullah Ibn ╩╗Abbas Radhiyallahu Anhu mengatakan Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam bersabda: 

“Dia yang tidak menghafal satu bagian pun dari Alquran, seperti rumah yang hancur,” (HR At-Tirmidzi).

Mendengar dengan Penuh Perhatian

Salah satu cara terbaik merenungkan Alquran adalah mendengarkannya dengan saksama ketika seseorang sedang membaca atau menjelaskannya. L

Baik itu mendengarkan pembacaan Alquran, ceramah daring maupun saat bepergian atau menghadiri kelas di sebuah institut atau masjid.

Bertindak

Alquran memberikan panduan lengkap dari memenuhi perjanjian, mengambil pinjaman, meninggalkan warisan, menanggapi kejahatan dengan kebaikan, pernikahan, dan menyerukan Islam.

Termasuk prinsip-prinsip membesarkan anak yang shaleh dan bersedekah. Semua tentang cara menjalani hidup damai dijelaskan dalam Alquran.

Itulah beberapa cara bagaimana kita dapat memperkaya hidup kita dengan Al Qur’an.

Tidaklah seseorang itu merasakan hati yang sesak, pekerjaan yang tidak selesai-selesai, rasa sedih yang berkelanjutan, urusan yang dipersulit, melainkan yang dipertanyakan adalah bagaimana hubungan dan interaksinya dengan Al Qur’an yang dipertanyakan. (Penulis : Aini Khairunnisa)***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel