10 Tips Saat Akan Menghadapi Ujian di Sekolah

Tips saat akan menghadapi ujian di sekolah - Ketika kamu akan menghadapi ujian, usahakan tidak melalukan belajar dengan sistem kebut semalam. Sebab hal itu akan membuat kita kekurangan waktu istirahat dan akan berdampak pada saat esok harinya kita mengerjakan ujian.

Ilustrasi gambar (pixabay.com)

Berikut tips ujian semester yang saya berikan untuk menghadapi ujian di sekolah.

1.Jaga Kesehatan 

Hal utama yang sangat perlu diperhatikan adalah kondisi kesehatan kita. Mulai sekarang, konsumsi makanan yang lebih sehat.

Dan kita juga harus mengontrol waktu istirahatmu. Kurangi begadang yang kurang penting. Kalau ada tugas, baiknya dilakukan sesegera mungkin. 

2.Ikuti semua program belajar di Sekolah 

Sekolah akan mengadakan program bimbingan belajar, tryout, pelajaran tambahan, dan banyak lagi.

Semua program ini tentu sangat bermanfaat untuk persiapan kita menghadapi ujian.  

3.Ciptakan suasana belajar yang nyaman

Belajar akan lebih menyenangkan jika kondisi mood juga sedang baik. Oleh sebab itu, diperlukan suasana belajar yang nyaman sesuai dengan kepribadianmu.

Misalnya belajar di taman belakang rumah, kamar yang bersih, dan sebagainya. Jika kita sudah nyaman, pasti bias lebih betah untuk belajar.

4.Kuasai semua soal

Dari tahun ke tahun, tipe soal untuk ujian sama saja. Semakin sering kita berlatih, maka semakin terbiasa juga untuk menghadapi soal-soal.

Mulai sekarang jadikan soal sebagai teman baik. Jika kita merasa kesulitan dalam menjawab soal, kita bias mencoba berbagai aplikasi belajar online, yang akan membantu memecahkan kesulitan kita jika belajar sendiri.

5.Belajar kelompok

Belajar sendiri mungkin terkadang agak membosankan. Karena itu kita bias mengajak teman yang bias membuat suasana belajar kita lebih santai dan menyenangkan, jangan sampai terlalu banyak ngobrol dan bercanda sampai lupa tujuan utama, yaitu untuk belajar.

6.Bimbingan belajar privat

Kita pasti pernah mengalami kesulitan untuk mengikuti pelajaran persiapan untuk menghadapi ujian, demi mengejar ketertinggalan, kita bisa ikut bimbingan belajar secara privat.

Dengan bimbingan belajar privat kita akan fokus dengan materi apa saja yang belum dikuasai atau yang mau kita pelajari ulang, jadi proses belajar akan lebih efektif.

Selain itu sistem dan waktu belajar kita akan disesuaikan dengan kebiasaan belajar kita, nah tidak ada lagi yang namanya malas belajar karena sistemnya tidak cocok. 

7.Kurangi melakukan hal yang kurang bermanfaat 

Dimulai dari sekarang, kita bisa mengurangi kebiasaan kurang penting nih.

Misalnya nongkrong berjam-jam setelah pulang sekolah, terlalu lama menghabiskan waktu di depan televisi,atau bermain game.

Kita bisa mengurangi hal tersebut dengan lebih pintar untuk membagi waktu, agar lebih efektif dalam belajar untuk menghadapi ujian.

8.Fokus saat belajar

Selama persiapan ujian, kita bisa belajar untuk menahan diri, salah satunya tidak terlalu sering buka media social.

Sesekali boleh untuk mengecek update-an atau postingan kegiatan terbaru. Hal ini dilakukan agar perhatian kita tidak beralih ke hal lain. 

9.Sempatkan untuk bermain

Jalan-jalan sesekali tidak ada salahnya lho untuk sekedar me-refresh otak. Tidak perlu jauh-jauh coba saja berkeliling di taman atau mengurus binatang peliharaan dan mengirup udara sedang akan membuat otak kita kembali fresh.

10.Berdoa

Perbanyaklah berdoa agar kita diberikan kelancaran selama ujian. Dan meminta doa restu kepada kedua orang tua agar dimudahkan dalam mengerjakan ujian. Berdoa baik dari kesehatan saat mengerjakan hingga hasilnya nanti.

Jangan lupa berdoa untuk kesuksesan teman-teman kita juga. 

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa saya aplikasikan untuk persiapan ujian sekolah.

Tapi semua tips tersebut akan percuma jika kita tidak mulai mempraktekannya. Yuk mulai dari sekarang! Semoga sukses teman-teman.***(Oleh : Elisa Putri Fatimah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel