Alumni Sekolah Dukung Sepenuhnya Gebyar SMPN 2 Lintau Buo 2023

Alumni sekolah dukung sepenuhnya gebyar smpn 2 lintau buo 2023 – Alumni SMPN 2 Lintau Buo menyambut baik kegiatan akbar Gebyar SMPN 2 Lintau Buo 2023 yang akan dihelat 6 dan 7 Maret 2023 mendatang. Hal ini terungkap dalam rapat istimewa dalam rangka menyambut pelaksanaan Gebyar SMPN 2 Lintau Buo 2023 di Labor IPA sekolah setempat, Kamis (26/1/23).

Novi Efendi : Koordinasi lintas alumni SMPN 2 Lintau Buo (dok.sekolah/ Matrapendidikan.com)

Rapat istimewa tersebut dihadiri oleh pengurus komite sekolah, paguyuban kelas dan alumni SMPN 2 Lintau Buo (dulu, SMP Negeri Tigo Jangko/SMPN 4 Lintau Buo/SLTPN 4 Lintau Buo).

Ketua panitia paparkan program

Rapat istimewa diawali dengan pemaparan program Gebyar SMPN 2 Lintau Buo oleh panitia pelaksana.

Arlis Anwar SPd, ketua pelaksana Gebyar SMPN 2 Lintau Buo 2023 memaparkan tujuan dan bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan.

“Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan silaturahmi antar warga sekolah, komite sekolah, orangtua murid, alumni dan masyarakat.” sebut guru senior, yang mengajar sejak sekolah itu berdiri.

Pada bagian lain, ketua panitia juga memaparkan tujuan kegiatan untuk menyalurkan minat dan bakat siswa di bidang seni, olahraga dan keagamaan.

Yang tak kalah penting bahwa kegiatan sekolah ini juga bertujuan untuk memperingati 40 Tahun (4 Dasawarsa) berdirinya SMPN 2 Lintau Buo.

Kegiatan yang akan dilaksanakan tanggal 6 dan 7 Maret 2023 itu membutuhkan sokongan material maupun spiritual dari semua pihak khususnya para alumni.

“Estimasi biaya pelaksanaan kegiatan yang telah disusun cukup besar sehingga perlu keikutsertaan para alumni untuk menyukseskannya,” tukuk Arlis Anwar SPd.

Aset nagari taluk tigo jangko 

Kepala sekolah: Aset Nagari Taluk dan Tigo Jangko (dok.sekolah/ Matrapendidikan.com)

Kepala SMPN 2 Lintau Buo Syafrida SPd dalam hantaran kata menyampaikan bahwa potensi sekolah cukup besar dan menjadi aset nagari Taluk dan Tigo Jangko 

“Siswa SMPN 2 Lintau Buo merupakan aset masa depan Nagari Taluk dan Tigo Jangko. Setiap program kegiatan di sekolah bertujuan untuk mengembangkan mutu pendidikan sesuai visi dan misi sekolah,” ungkap kepala sekolah.

Rapat istimewa persiapan gebyar, pra temu alumni SMPN 2 Lintau Buo semua angkatan (dok.sekolah/ Matrapendidikan.com)

Visi sekolah adalah religius, berbudaya dan intelektual. Untuk mewujudkan visi tersebut, sekolah perlu menyusun program kegiatan potensial, termasuk kegiatan Gebyar SMPN 2 Lintau Buo.

“Namun misi sekolah dalam kegiatan gebyar perlu dukungan komite, paguyuban dan alumni SMPN 2 Lintau Buo,” pungkas Syafrida SPd.

Percepatan mutu pendidikan 

Ketua komite percepat peningkatan mutu dengan mendukung program sekolah (dok.sekolah/ Matrapendidikan.com)

Sejalan dengan itu, Ketua Komite SMPN 2 Lintau Buo Maisal mengemukakan bahwa mutu pendidikan Kecamatan Lintau Buo, khususnya di SMPN 2 Lintau Buo perlu dipercepat.

“Percepatan mutu pendidikan sangat perlu dilakukan di sekolah kita agar tidak tertinggal dari sekolah lain maupun kecamatan lain.” ujar Maisal.

Gebyar SMPN 2 Lintau Buo 2023, kata Maisal, menjadi salah satu wahana penting untuk menghimpun potensi dalam percepatan mutu pendidikan di sekolah.

Di ujung sambutannya, Maisal menghimbau para alumni melalui perwakilan yang hadir pada rapat istimewa agar bersatu membangun dan mempercepat peningkatan mutu pendidikan di SMPN 2 Lintau Buo.

Gayung bersambut 

Ibarat gayung bersambut kata berjawab, paparan panitia, kepala sekolah dan komite sekolah mendapat respon positif dari alumni SMPN 2 Lintau Buo.

Novi Efendi SPd M.Kom mewakili alumni semua angkatan menyampaikan tanggapan di hadapan peserta rapat istimewa.

“Kami menyambut gembira sekaligus mendukung rencana kegiatan Gebyar SMPN 2 Lintau Buo ini,” tutur dosen AKA Tanah Datar itu.

Alumni SMPN 4 Lintau Buo Angkatan 2021 yang akrab disapa ‘Nono’ itu akan berusaha berkoordinasi dengan para alumni untuk menggalang dana guna kesuksesan Gebyar SMPN 2 Lintau Buo.

Lebih jauh pendiri SD IT Nurul Ummah Tigo Jangko itu berestimasi, 

“Minimal enamratus ribu rupiah saja per angkatan, estimasi biaya kegiatan sudah tercukupi.” ungkap Nono gamblang dan optimis.

Sesi diskusi

Edi, salah seorang pengurus paguyuban kelas 7 memberikan saran dalam sesi diskusi agar kegiatan sekolah yang bernuansa religius lebih ditingkatkan.

Hal tersebut dikatakannya dengan tujuan untuk meningkatkan akhlak siswa.

Sementara itu Jasman Efendi SAg, alumni SMP Negeri Tigo Jangko Angkatan 1991 merasa bangga telah menuntut ilmu di SMP Negeri Tigo Jangko.

Jasman Efendi : Bangga jadi Alumni SMP Negeri Tigo Jangko (dok.sekolah/ Matrapendidikan.com)
 

“SMP Negeri Tigo, SMPN 4 Lintau Buo dan SMPN 2 Lintau Buo, telah ikut berperan dalam menghasilkan orang-orang intelektual, religius dan berbudaya.” sebut Jasman Efendi SAg, yang juga guru dan Wakil Kepala SMPN 3 Lintau Buo itu.

Oleh sebab itu ia juga akan berkoordinasi dengan sesama Angkatan 1991 untuk menggalang dana guna menyukseskan Gebyar SMPN 2 Lintau Buo 2023.

Sementara itu Wendi Aswil, alumni Angkatan 2000 tak mau ketinggalan.

Ia berusaha untuk memberikan dukungan terhadap kemajuan pendidikan di almamaternya. Tidak hanya dukungan material melainkan juga fasilitas peningkatan mutu pendidikan di sekolah.

“Di Nagari Taluk sudah ada lembaga kesenian seperti randai, silat dan lainnya. Untuk kegiatan bersifat kesenian bernuansa kearifan lokal boleh bergabung dengan lembaga seni tersebut,” ujar Wendi Aswil

Sebagai salah seorang tokoh muda di Nagari Taluk, Wendi menghimbau orangtua dan ninik mamak untuk mendukung pendidikan anak.

Memperhatikan kemajuan anak dan kemenakan sebaliknya tidak selalu menyerahkan hal itu sepenuhnya kepada guru di sekolah.

Salah seorang aktivis Angkatan 1997 Irmi Susanti pun ikut bersuara dalam sesi diskusi untuk mendukung dan berupaya keras menggalang dana serta berkoordinasi dengan rekan seangkatannya.***