Rapat Evaluasi Program Komite di Sekolah

Rapat evaluasi program komite di sekolah – Penggunaan dana yang digalang melalui komite sekolah perlu lebih diefektifkan dan tepat sasaran. Disisi lain, koordinasi pihak sekolah dengan komite perlu diintensifkan lagi.

Rapat evaluasi program Komite Sekolah (Wirda Nengsih/ Matrapendidikan.com)

Demikian benang merah yang dapat dipetik dari pertemuan pihak sekolah dengan pengurus komite sekolah yang bertempat di ruang temu Kepala SMPN 2 Lintau Buo, Selasa jelang siang (10/1/23).

Hadir dalam pertemuan itu Ketua Komite Maisal, bendahara komite Hj. Ita Mardalena, anggota komite sekaligus tokoh pendidikan H. Rusman Yunus, yang lazim disapa dengan Mak Dang.

Sementara itu di pihak sekolah dihadiri Kepala SMPN 2 Lintau Buo Syafrida SPd, Waka Kurikulum Ropi’u SPd dan Waka Kesiswaan Edy Samsul, Humas Arlis Anwar SPd, Bendahara Pembantu Wirda Nengsih SPd dan Bendahara BOS Triyanda Putra SPd.

Pihak sekolah perlu tingkatkan efektivitas dan prioritas penggunaan dana komite (Matrapendidikan.com)

Pertemuan penuh keakraban itu dalam rangka refleksi dan evaluasi program komite sekolah Semester Ganjil  Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kegiatan peningkatan mutu

Kepala SMPN 2 Lintau Buo Syafrida SPd dan bendahara pembantu Wirda Nengsih SPd memaparkan keadaan dana komite sampai awal Januari 2023.

“Dana komite yang sudah digalang digunakan untuk menunjang kelancaran kegiatan pendidikan guna meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.” sebut kepala sekolah, antara lain.

Lebih jauh Syafrida SPd mengutarakan bahwa kegiatan pembinaan kesiswaan cukup padat di semester ganjil lalu. Begitu pula di semester genap yang sedang berjalan dimana perlu sokongan moril dan finansial untuk kelancaran kegiatan di sekolah.

“Oleh sebab itu kita perlu dukungan pengurus komite agar terlaksana kegiatan kesiswaan tersebut dengan lancar,” tandas kepala sekolah.

Lebih efektif dan intensif

Sementara itu Ketua Komite SMPN 2 Lintau Buo, Maisal langsung menanggapi laporan kepala sekolah tentang keadaan dana komite.

“Komite sekolah pada hakikatnya mendukung setiap kegiatan positif dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah,” ujar Maisal.

Selanjutnya ia berharap agar dana yang sudah digalang dapat digunakan lebih efektif dan tepat sasaran.

Program yang sudah dimusyawarahkan antara komite sekolah dan orangtua siswa lebih diprioritaskan.

“Ini perlu kami wanti-wanti agar penggunaan dana komite lebih efektif dan tepat sasaran,” tandas Maisal.

Tokoh pendidikan H. Rusman Yunus berharap agar koordinasi dan komunikasi pihak sekolah dengan komite masih perlu ditingkatkan untuk masa yang akan datang.

“Tugas komite tidak hanya menggalang dana pendidikan. Komite sekolah juga berfungsi evaluasi dan pengawasan terhadap program sekolah.” Mak Dang mengingatkan.

Oleh sebab itu, kata pengusaha Tigo Jangko itu, koordinasi dan komunikasi pihak sekolah dan komite perlu lebih intensif lagi demi komitmen kemajuan sekolah di masa mendatang.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel