SMPN 2 Lintau Buo Gelar Workshop, Tingkatkan Pemahaman Guru Terhadap IKM

SMPN 2 lintau buo gelar workshop, tingkatkan pemahaman guru terhadap ikm – Kepala Bidang Pembinaan SMP Devira Purnama SE MPd.E mewakili Kadisdikbud Kab. Tanah Datar membuka kegiatan Workshop IKM di Lab. IPA SMPN 2 Lintau Buo, Rabu (8/2/23).

Kabid Pembinaan SMP buka Workshop IKM di SMPN 2 Lintau Buo (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.com)

Peserta workshop sebanyak 19 orang guru tersebut mengusung tema, “Dengan workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Kita Tingkatkan Kemampuan Profesional Guru”.

Devira Purnama SE MPd.E sekaligus menjadi narasumber workshop bersama Pengawas Satuan Pendidikan Hidayat SPd MT dan Rosyid Mahmudi SPd MPd.

Pemahaman guru meningkat

Kepala SMPN 2 Lintau Buo Syafrida SPd dalam sambutannya menyampaikan sambutan selamat datang kepada Kadisdikbud dan para narasumber.

Guru dan narasumber foto bareng usai kegiatan workshop (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.com)

“Melalui workshop yang dipandu para narasumber ini diharapkan pemahaman guru akan meningkat terhadap IKM sekaligus kemampuan profesional guru,” tutur kepala sekolah pada bagian lain 

Kepala sekolah juga berharap peningkatan pemahaman ini akan berwujud peningkatan kualitas pendidikan di sekolah baik akademik maupun bidang ekstrakurikuler.

Potensi sekolah cukup bagus

Sementara itu Devira Purnama SE MPd.E dalam sambutan pembukaan workshop mengatakan bahwa potensi sekolah cukup bagus.

“Sekolah ini bisa masuk menjadi Sekolah Wiyata jika dipandang dari lingkungan sekolah yang bagus,” sebut Devira.

Menyangkut P5 IKM, sekolah memiliki potensi untuk mengangkat kearifan lokal dengan bekerja sama dengan Bundo Kandung yang ada.

Mengingat potensi yang bagus ini Kabid Pembinaan SMP mengingatkan agar kepala sekolah maupun guru dapat bekerja sama dalam mengolah potensi sekolah.

Bundo kandung masuk sekolah

Kabid Pembinaan SMP Devira Purnama SE MPd.E menjadi narasumber dalam Workshop IKM. Tema yang dipaparkan adalah kebijakan pemerintah daerah yang berkaitan dengan IKM.

Sehubungan dengan kebijakan pemerintah daerah yang berlandaskan "Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah". 

“Bundo Kanduang masuk sekolah merupakan langkah baik untuk memperkuat program sekolah tentang adat khususnya perempuan di Minangkabau,” cetus Devira.

Selain itu Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdikbud Tanah Datar juga menyinggung berapa Permendikbud yang berkaitan dengan IKM.

Pengawas satuan pendidikan Hidayat SPd MT memaparkan tema Pembelajaran Berdiferensiasi. Sedangkan Rosyid Mahmudi SPd MPd mengemas materi Modul Ajar, Penilaian dan Entry E-Rapor.***