10 Siswa SMAN 3 Batusangkar Dipersiapkan untuk Mengikuti OSN-P 2023

10 siswa sman 3 batusangkar dipersiapkan untuk mengikuti osn-p 2023 – Sebanyak 10 siswa SMAN 3 Batusangkar Sumbar berhasil lolos ke Olimpiade Sains Nasional Provinsi (OSN-P) tahun 2023. Kesepuluh siswa tersebut tergabung pada 6 bidang kompetensi yaitu Kebumian (1 orang), Biologi (2 orang), Kimia (3 orang), Matematika (1 orang), Geografi (2 orang) dan Fisika (1 orang).

Pertemuan Persiapan OSN-P SMAN 3 Batusangkar (Matrapendidikan.com)

Hal itu diungkapkan oleh Kepala SMAN 3 Batusangkar Sumintarto Nurwahyudi SPd MPd saat pertemuan dengan para orangtua siswa yang anaknya lolos ke OSN-P yang bertempat di ruang kepala sekolah setempat, Kamis (11/5/23).

“Peserta OSN-K yang ikut sebanyak 45 orang untuk 9 bidang kompetisi. Yang berhasil lolos ke OSN-P tahun ini hanya 10 orang,” sebut Sumintarto didampingi Waka Bidang Kurikulum dan guru pembina OSN SMAN 3 Batusangkar.

Kepala sekolah menyebutkan jumlah peserta yang lolos OSN-K tahun 2023 ini memang menurun sedikit dibanding tahun sebelumnya. Tahun lalu siswa yang lolos ke OSN-P sebanyak 14 siswa.

Meskipun demikian ia tetap optimistis siswa yang lolos ke OSN-P saat ini mampu lolos ke tingkat nasional.

Pertemuan pihak sekolah dengan orangtua siswa tersebut dalam rangka mempersiapkan siswa dalam OSN-P yang digelar Juni mendatang.

H. Alfion SAg, Waka Bidang Kurikulum SMAN 3 Batusangkar dalam kesempatan itu juga merasa optimis siswanya mampu lolos ke OSN.

“Kita memang punya harapan untuk lolos ke tingkat nasional seperti tahun sebelumnya,” ungkap Waka Bidang Kurikulum.

Sementara itu Wirdanelis MPd, salah seorang pembina OSN sekolah berharap dukungan penuh dari orang tua peserta OSN-P.

“Perlu dukungan orangtua khususnya secara finansial untuk mempersiapkan siswa dengan pelatihan dan mendatangkan pembimbing dari luar daerah,” sebut Wirdanelis MPd antara lain.

Pak Yus, mewakili orangtua siswa peserta OSN-P memberikan dukungan penuh kepada pihak sekolah dengan kegiatan pelatihan sebagai persiapan OSN-P.

“Tak kayu jenjang dikeping demi mendukung anak-anak kita berjuang di OSN-P nanti, pak.” ujar pak Yus berapi-api.

Kesepuluh siswa SMAN 3 Batusangkar yang akan berkompetisi di OSN-P adalah :

1.Wahyu Ilahi (Kebumian)

2.Hanaa Luthfiya Suhaila (Biologi)

3.Raihan Ghifari Romel (Biologi)

4.Jefindo Aulia Nofenda (Kimia)

5.Az Zukhruf Maulana Alfharizi M (Kimia)

6.Yogi Mahendra (Kimia)

7.Mutiara Aisy Shofi (Matematika)

8.Muhammad Fadhlan Hakim (Geografi)

9.Athifa Alya Syazwina (Geografi)

10.Farhan Wahyudi (Fisika).***