7 Tema Pilihan dalam Projek P5 di SMP

7 Tema pilihan dalam projek p5 di smp - Tema apa yang bisa dipilih untuk diimplementasikan di satuan pendidikan SMP? Seperti diketahui Kemendikbudristek RI telah menetapkan sebanyak 9 tema umum projek P5.

Ilustrasi gambar (Matrapendidikan.com)

Namun untuk satuan pendidikan SMP ada 7 tema pilihan. Dalam satu tahun ajaran dapat memilih 3 sampai 4 tema yang sesuai dengan kondisi sekolah dan persoalan di lingkungan peserta didik.

1.Kewirausahaan

Kewirausahaan identik ekonomi dan bisnis yang menunjang kesejahteraan masyarakat. Jiwa wira usaha perlu ditumbuh-kembangkan pada peserta didik.

Tema kewirausahaan mengarahkan peserta didik untuk mengenal potensi ekonomi dan peluang usaha di lingkungannya.

Dengan pengenalan potensi ekonomi dan peluang usaha di lingkungannya, peserta didik dapat menghasilkan suatu produk yang memiliki daya jual.

2.Bangunlah jiwa dan raganya

Di satuan pendidikan SMP tema Bangunlah jiwa dan raganya bertujuan untuk menumbuhkembangkan kesadaran peserta didik akan kesehatan fisik dan mental. 

Kesehatan ditujukan untuk menghilangkan kebiasaan atau perilaku yang mengarah pada perundungan.

3.Kearifan lokal

Kearifan lokal merupakan tema unik yang tentang tradisi dan budaya masyarakat di suatu daerah. Setiap daerah memiliki kearifan lokal beragam yang meliputi tradisi, seni dan budaya maupun kuliner.

Peserta didik diperkenalkan dengan potensi kearifan lokal sehingga tetap lestari di tengah pesatnya budaya global.

4.Berekayasa dan berteknologi untuk membangun nkri

Tema ini mengarahkan peserta didik untuk Berekayasa produk teknologi yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Memanfaatkan benda atau barang yang dapat menjawab permasalahan di sekolah.

5.Suara demokrasi

Musyawarah dan mufakat adalah ciri khas bangsa Indonesia yang menggambarkan nuansa demokrasi. Tema ini ditujukan untuk menumbuhkan jiwa berdemokrasi melalui kegiatan tertentu. Misalnya pemilihan ketua kelas, pemilihan pengurus Osis, dll.

6.Gaya hidup berkelanjutan

Masalah lingkungan hidup menjadi isu menarik dalam kehidupan manusia. Segala aktivitas manusia akan berdampak terhadap lingkungan.

Oleh sebab itu peserta didik perlu diperkenalkan dengan pola hidup ramah lingkungan, menjaga lingkungan hidup dari kerusakan.

Kebiasaan membersihkan lingkungan dan penghijauan menjadi langkah penting dalam memelihara lingkungan hidup.

7.Bineka tunggal ika

Tema ini ditujukan untuk menciptakan iklim pergaulan dalam bermasyarakat yang beragam suku, agama dan budaya. Dengan demikian tercipta suasana pergaulan saling menghargai dan menghormati dalam pergaulan sehari-hari.***