Banyak Sumber Belajar Bagi Siswa Termasuk Kegiatan Muhadharah

Banyak sumber belajar bagi siswa termasuk kegiatan muhadharah - Sumber belajar bagi siswa sangat banyak, tidak hanya guru. Buku, orang-orang di sekitar dan pengalaman sendiri menjadi sumber belajar bagi siswa. Demikian rangkuman ulasan Wirda Nengsih SPd dalam kegiatan muhadharah rutin, usai kegiatan perang sampah di sekolah, Jumat (15/09/23).

Wirda Nengsih: Ikut kegiatan muhadharah sebagai sumber belajar (Matrapendidikan.com)

"Mengikuti sebuah kegiatan di sekolah juga menjadi sumber belajar. Termasuk pelaksanaan kegiatan muhadharah." ujar Wali Kelas 8.C itu menandaskan.

Siswa jangan hanya bisa menertawakan teman namun tidak bisa melakukannya. Justru ketika diminta ikut kegiatan malah menolak.

"Ini karena kebiasaan mencemooh dan menertawakan teman. Namun takut melakukan sesuatu karena sudah terbiasa menertawakan teman," sambung guru IPA tersebut.

Suasana Muhadharah di sekolah (Matrapendidikan.com)

Ia juga menganalogikan kebiasaan siswa sehari-hari dengan hukum III Newton, hukum Aksi dan Reaksi.

Dalam kehidupan berlaku hukum aksi dan reaksi. Apabila memberikan aksi yang baik maka reaksi juga baik yang akan kita terima, begitu sebaliknya," ujar Wirda Nengsih SPd.

Sementara itu, pelaksana kegiatan Muhadharah adalah kelas 8.C yang tampil cukup kreatif dan inovatif. Nadhif, penceramah putra tampil dengan membacakan teks pidato berbahasa Inggris dengan fasih.

Tampilan Nadhif mendapat aplause dari peserta muhadharah maupun guru dan tenaga kependidikan.***