Muhammad Fadhlan Hakim Catat Sejarah Bagi SMAN 3 Batusangkar

Muhammad fadhlan hakim catat sejarah bagi sman 3 batusangkar - Cuaca di kawasan pendidikan Bukit Gombak Batusangkar terlihat berkabut. Ratusan civitas akademika SMAN 3 Batusangkar sudah tidak sabar menunggu kedatangan seseorang yang diarak disepanjang jalan utama kota budaya Batusangkar, Senin (04/09/23).

Peraih medali perunggu SMAN 3 Batusangkar (Matrapendidikan.com)

Panitia penyambutan peraih medali perunggu OSN SMAN 3 Batusangkar sudah mempersiapkan dengan baik skenario kegiatan tersebut.

Waka Humas SMAN 3 Batusangkar Editiawarman SPd, koordinator penyambutan peraih medali perunggu itu juga sudah menghubungi kedua orang tua M. Fadhlan Hakim.

Spanduk-spanduk sudah terpasang di tempat strategis. Selamat Datang Muhammad Fadhlan Hakim, peraih Bronze Medal SMAN 3 Batusangkar.

Bersama guru pembimbing OSN (Matrapendidikan.com)

Para siswa, guru, tenaga administrasi, pemain alat musik sudah siap di tempat masing-masing.

Begitu pula kedua orangtua M. Fadhlan Hakim, Edi Syamsul dan Arnis SPd, Kepala Damkar dan BPDB Yusnel SPd I, MSi, Drs. Asrul Mantan Kepsek SMAN 3 Batusangkar dan komite sekolah.

Dan, sesekali terdengar bunyi gendang dan alat musik tradisional talempong dan suliang.

Muhammad Fadhlan Hakim disambut sebagai pahlawan OSN SMAN 3 Batusangkar.

Koordinator Editiawarman mempersilahkan berjalan ke mimbar utama (Matrapendidikan.com)

Gerimis kecil akhirnya turun juga. Bersamaan dengan itu muncul tanda-tanda mobil arakan sudah mendaki kelok prestasi. Sebuah kelok patah dan mendaki beberapa meter jelang gerbang SMAN 3 Batusangkar.

Tiba-tiba musik suliang ditingkah gendang dan talempong menggema di seantero area lokasi SMAN 3 Batusangkar.

Sebuah Jeep Rover terbuka dihiasi bunga dan tulisan muncul dan berhenti. Muhammad Fadhlan Hakim tampak berdiri melambaikan tangan dengan setelan jas khusus dan kalungan bunga di leher.

Jeep Rover dihiasi bunga (Matrapendidikan.com)

Kemudian Muhammad Fadhlan Hakim dikalungi bunga oleh Drs. Asrul dan Yusnen SPd.I, MSi. Setelah itu rombongan menuju mimbar utama. Acara seremonial pun dimulai.

Kepala SMAN 3 Batusangkar Sumintarto Nurwahyudi SPd, MPd dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan penyambutan 'pahlawan' OSN Tahun 2023 dari SMAN 3 Batusangkar.

"Sepanjang sejarah keikutsertaan, baru kali ini utusan SMAN 3 Batusangkar yang berhasil meraih medali OSN.

Kita sangat bangga dan semoga hasil yang diraih Fadhlan menjadi motivasi besar bagi siswa yang lainnya untuk berprestasi," ujar Sumintarto dalam sambutannya.

Pada bagian lain, Sumintarto menyebut ada 38 dari siswa Sumbar yang ikut OSN 2023 tingkat SMA/MA. Tujuh diantaranya sudah meraih medali.

Satu medali emas dari Kota Padang, Perak dari Kabupaten Padang Pariaman. Sedangkan 1 dari 5 medali perunggu berasal dari SMAN 3 Batusangkar atas nama Muhammad Fadhlan Hakim.

Sementara itu Muhammad Fadhlan Hakim dalam ungkapan kesannya mengikuti OSN 2023 cukup berat.

"Saya sempat grogi dan nervouse ketika melihat cara belajar teman-teman sesama peserta OSN yang luar biasa ketika pelatihan di Bandung.

Namun saya tetap teguh dan mempertahankan tekad saya untuk meraih medali OSN, itu saja..." ujar Fadhlan.

Muhammad Fadhlan Hakim sudah menorehkan sejarah baru di SMAN 3 Batusangkar dalam ajang OSN di Tahun 2023. 

Menunggu medali 17 tahun keikutsertaan SMAN 3 Batusangkar. Kini, putra bungsu dari 5 bersaudara itu telah mewujudkannya menjadi nyata.

Ia telah meraih prestasi perdana dalam OSN pada bidang Geografi dengan meraih medali perunggu.***