Selamat Hari Guru Nasional ke-78 Tahun 2023

Selamat hari guru nasional ke-78 tahun 2023 - Hari ini para guru Indonesia tengah merayakan peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI Ke-78 Tahun 2023. Perayaan Hari Guru Nasional ditandai dengan berbagai kegiatan yang menarik. Mulai dari tingkat sekolah, kecamatan bahkan sampai ke tingkat nasional.

Ilustrasi gambar (Matrapendidikan.com)

Peringatan Hari Guru Nasional mengingatkan kita akan perjuangan guru dalam mencerdaskan anak-anak bangsa.

Guru yang dijuluki Pahlawan Insan Cendikia telah berusaha sekuat tenaga menunaikan peranan dan tugasnya dengan baik.

Peran guru menciptakan generasi anak bangsa yang memiliki karakter positif, berilmu pengetahuan handal dan memiliki kecakapan dalam hidup.

Peran guru ini diwujudkan dalam tugasnya sebagai pengajar, pendidik dan pelatih dalam pendidikan. Maka wajar dikatakan, generasi anak bangsa terletak di pundak guru. 

Tugas guru menjadi tidak ringan apalagi di tengah era informasi dan teknologi yang semakin pesat. 

Ini menjadi tantang berat sekaligus peluang bagi guru. Guru perlu mengembangkan diri, menambah ilmu pengetahuan dan wawasan serta meningkatkan keterampilan publik speaking dalam berinteraksi sosial.

Selain itu guru perlu lebih menyesuaikan diri dengan berbagai informasi terkini. Sanggup berinteraksi dan berkomunikasi sosial secara efektif. 

Empat (4) kompetensi dasar guru profesional sudah mutlak dimiliki guru kekinian

Keempat kompetensi dasar guru dimaksud adalah kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan kompetensi sosial

Sesuai perkembangan terkini, guru juga harus menguasai perangkat digital, mampu beradaptasi dengan tuntutan tanggungjawab sebagai guru. Selalu meningkatkan kompetensi diri melalui online maupun offline.

Agar tuntutan tersebut berjalan guru juga perlu mahir mengelola waktu antara tugas di sekolah dan di rumah tangga.

Disisi lain, dinamika perkembangan sosial dan ekonomi masyarakat cukup menimbulkan kekhawatiran.

Guru merasa kurang dihargai oleh siswa, orangtua siswa dan masyarakat sekitar. Sikap dan perilaku sebagian siswa semakin "kebablasan".

Pihak diluar guru sudah semakin cerdas. Perkembangan informasi dan teknologi menjadikan mereka lebih tahu dan cepat tahu perkembangan pendidikan.

Tantangan seperti ini perlu dihadapi dengan memperkuat kompetensi sosial sehingga para guru semakin cerdas berkomunikasi dan berinteraksi sosial dengan siswa, orangtua siswa maupun masyarakat sekitarnya.

Guru berpikir lebih terbuka menerima masukan maupun kritikan siswa, orangtua siswa dan masyarakat. Oleh sebab itu perlu beraudiensi dari hati ke hati disela-sela tugasnya.

Ini akan berdampak terhadap harmonisasi hubungan sosial antara guru dengan siswa, orangtuanya dan masyarakat sekitar.

Selamat Hari Guru Nasional dan HUT PGRI Ke-78 Tahun 2023.***