Festival Pesona Budaya Pangian 2023

Festival Pesona Budaya Pangian 2023 - Dalam Calendar of Event (CoE) ada 50 Event Pariwisata Kabupaten Tanah Datar Tahun 2023. Festival Pesona Budaya Pangian adalah satu diantara event Satu Nagari Satu Event yang menjadi Program Unggulan Pemda Tanah Datar.

Bupati Tanah Datar Eka Putra SE MM membuka Festival Pesona Budaya Pangian 2023 (Matrapendidikan.com)

Festival Pesona Budaya Pangian 2023 dengan tema Arakan 1000 Talam telah dimulai hari ini, Minggu (2/12/23) dan berlangsung selama dua hari.

Festival telah dibuka oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra SE MM.

Masyarakat Nagari Pangian dan umumnya masyarakat Kecamatan Lintau Buo antusias menyaksikan Open of Ceremony Festival Pesona Budaya Pangian 2023.

Dalam festival ini ada tema utama yang ditampilkan yaitu Arakan 1000 Talam. Menurut Bupati Tanah Datar Eka Putra SE MM, dalam sambutannya mengatakan Pesona 1000 Talam merupakan upaya melestarikan adat turun-temurun dari nenek moyang.

Pada acara pembukaan, para tamu yang hadir disuguhkan berbagai atraksi dan tari budaya dan kesenian anak nagari.

Kreativitas anak nagari terlihat dengan berbagai tari dan atraksi menarik.

Tamu yang hadir antara lain tokoh nasional Lintau IX Koto Fasli Jalal, Anggota DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim dan Jefri Masrul, Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi, mantan Bupati Zuldafri Darma serta undangan lainnya.

Di arena Festival Pesona Budaya Pangian 2023 juga terdapat stand pameran kuliner tradisional dan produk kerajinan UMKM.

Sebutlah Randang Baluik, Samba lado tanak, otun sonok pisang, lotek dan masih banyak lainnya.

Melalui pameran ini diharapkan dapat membantu memulihkan perekonomian masyarakat dengan didukung oleh pihak perbankan di Nagari Pangian.

Seperti diketahui, Nagari Pangian Tahun 2022 lalu dalam event sejenis keluar sebagai nagari penyelenggara terbaik pelaksanaan program Satu Nagari Satu Event di Tanah Datar.

Hal ini menjadi motivasi bagi masyarakat Nagari Pangian untuk lebih sukses melaksanakan Festival Pesona Nagari Pangian Tahun 2023 ini.***