Tugu Monas Wisata Ikonik Jakarta

Tugu monas wisata ikonik jakarta - Kamis, 21 Desember 2023 target perjalanan wisata kami adalah Tugu Monas dan TMII Jakarta. Namun kali kami membagikan cerita wisata ke Tugu Monas yang berada di Jalan Medan Merdeka Jakarta ini.

Berpose sejenak dengan latar Tugu Monas (dok.Matrapendidikan.com)

Tugu Monas menjadi wahana wisata ikonik di Jakarta. Selain memiliki spot foto yang menarik juga tempat berekreasi yang mengagumkan.

Di pintu gerbang area Tugu Monas kami memilih berjalan kaki. Rekan yang lain ada yang memilih menaiki kereta wisata untuk sampai di gerbang masuk Tugu Monas.

Memang, cuaca tidak begitu terik sehingga berjalan kaki terasa agak lebih santai. Selain itu dapat berfoto selfi dengan latar Tugu Monas.

Dari berbagai sumber diketahui bahwa Monas (Monumen Nasional) merupakan tugu menjulang setinggi 443 kaki atau 132 meter. Berada tepat di tengah lapangan Medan Merdeka Jakarta Pusat.

Foto bareng di lantai dua Tugu Monas (dok Matrapendidikan.com)

Tugu Monas yang berada di areal seluas 80 hektar ini terbagi menjadi lantai bawah, tengah dan atas. Bagian lantai dasar Tugu Monas justru berada dibawah permukaan tanah, sekitar 3 meter. 

Di lantai dasar yang dilapisi marmer ini terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia.

Ruang besar di lantai dasar memiliki 51 diorama sejarah nasional. Empat puluh delapan diorama berada pada keempat sisinya. Tiga diorama lagi berada di tengah.

Pengunjung dapat mengetahui bagaimana sejarah bangsa Indonesia sejak masa pra sejarah sampai Era Orde Baru.

Antri naik lift ke puncak pelataran Tugu Monas (dok.Matrapendidikan.com)

Pada bagian tengah adalah lantai dua sebagai area pintu masuk naik lift menuju bagian pelataran puncak Monas.

Bagian paling atas adalah puncak Tugu Monas. Puncak Tugu Monas berupa lidah api yang dilapisi lembaran emas seberat 72 kilogram.

Lidah api berlapis emas ini melambangkan semangat perjuangan masyarakat Indonesia. 

Naik ke bagian pelataran puncak Monas menggunakan lift. Pengunjung akan menemui berbagai peralatan Puncak Monas.

Di pelataran puncak Tugu Monas (dok.Matrapendidikan.com)

Pelataran Puncak Tugu Monas berjarak 115 meter dari halaman. Ruangan di bagian atas tugu ini tidak begitu luas, sekitar 11 x 11 meter dan menampung sekitar 50 orang pengunjung saja.

Di pelataran puncak Tugu Monas para pengunjung dapat melihat pemandangan seluruh kota Jakarta dengan bantuan teropong jauh.

Baca juga : Berkeliling Ria di Taman Fatahillah Jakarta

Area di halaman maupun di dalam Tugu Monas menjadi wahana spot foto menarik bagi pengunjung.***