Mengunjungi Destinasi Wisata di Jakarta

Mengunjungi destinasi wisata di jakarta - Rabu, 20 Desember 2023 adalah hari pertama memulai kegiatan liburan akhir semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Agenda hari pertama di Jakarta adalah mengunjungi objek wisata Taman Impian Jaya Ancol, Wisata Pantai di Jakarta Utara dan Kota Tua Batavia.

Pintu masuk dan keluar Sea World TMII (dok Matrapendidikan.com)

Sebelum melanjutkan kisah perjalan wisata edukasi di Jakarta ini ada baiknya diceritakan dulu perihal rombongan wisata edukasi kami.

Kami telah sampai di Jakarta tadi malam. Rombongan kami berangkat dengan bus Fajar Riau Wisata. Menginap di Alia Hotel Pasar Baru Jakarta Selatan. 

Rombongan kami merupakan anggota KPN SMP Negeri Tigo Jangko yang hendak mengadakan RAT Tahun Buku 2023 di Jakarta.

Berangkat dari sekolah pada Senin, 18 Desember 2023. Ada sebanyak 22 penumpang dan 3 awak bus. Rombongan perjalanan wisata jauh ini akhirnya sampai di tempat tujuan Hotel Alia Pasar Baru sekitar pukul 22.00 Wib 

Mengunjungi TMII dan Pantai Ancol

Mengunjungi Taman Impian Jaya Ancol (TMII) adalah tujuan wisata utama. Dan Sea World Indonesia dan Pantai Ancol di Jakarta Utara ini menjadi destinasi wisata kami.

Yang lainnya di Taman Impian Jaya Ancol, seperti Bird Land, Putri Duyung di sekitar ini tidak sempat dikunjungi karena terikat prosedur perjalanan wisata yang padat.

Di Antasena Tunnel Sea World (dok.Matrapendidikan.com)

Sea World Ancol merupakan objek wisata edukasi dan konservasi hewan air. Objek wisata ini menyuguhkan biota laut yang beraneka ragam.

Dari sumber yang kami dapatkan 7 ribuan ekor jenis biota air tawar. Sebanyak 48 jenis diantaranya adalah ikan. Hewan lain juga ada misalnya reptis semisal kura-kura.

Semua itu dikumpulkan di berbagai wahana indoor yang dinamakan Sea World Ancol. Wisata ini terdiri dari 28 display diantaranya 9 akuarium air tawar dan 19 display akuarium lainnya serta 4 kolam terbuka dengan berbagai jenis ikan.

Selain itu di Sea World Ancol terdapat fasilitas musium guna memberikan informasi tentang koleksi ikan laut purba.

Sea World Ancol menawarkan paket liburan yang lengkap. Wahana yang ada di areal ini antara lain Antasena Tunnel, Shark Aquarium, Magic Aquarium, Interactive Aquarium, Jellyfish Sphere, Main Aquarium, Touchpool, Car Aquarium, dan Museum Misteri Kehidupan Laut Dalam.

Masing-masing akuarium yang ada di tempat ini memiliki konsep dan tema yang berbeda sehingga membuat pengunjung semakin betah untuk menjelajahinya. 

Mulai dari Interactive Aquarium, Shark Aquarium, Antasena Tunnel, Main Aquarium, Touch Pool, Car Aquarium, Jellyfish Sphere, hingga Museum Misteri Kehidupan Laut Dalam. Selain itu juga ada wahana Magic Aquarium yang unik.

Karena menyuguhkan biota air maka cocok dikunjungi oleh guru maupun siswa pada hari libur seperti saat ini.

Agenda kedua hari ini mengunjungi Pantai Ancol. Disini kami lebih banyak sekadar memandangi keindahan pantai Ancol Jakarta Utara.

Di Pantai Ancol (dok.Matrapendidikan.com)

Namun ada satu perahu motor dari kami yang menjelajah laut di sekitar pantai. 

Selanjutnya kami mengunjungi Kota Tua Batavia. Cerita ini akan ditampilkan pada artikel berikutnya.

Meskipun hanya tiga destinasi wisata yang sempat dikunjungi namun sudah menghabiskan waktu sehari penuh.

Selain karena ramai pengunjung, jalan utama menuju Taman Jaya Ancol termasuk padat merayap karena bertepatan dengan suasana liburan akhir semester dan Natal dan Tahun Baru.***