3 Kunci Sukses dalam Belajar

3 Kunci sukses dalam belajar - Sudah banyak kiat maupun kunci dalam meraih keberhasilan siswa dalam belajar. Hal itu dapat kita baca melalui media sosial maupun nasehat secara langsung dari banyak guru di sekolah.

Upacara bendera di sekolah (Matrapendidikan.com)

Namun demikian Rocestri MPd juga mengamanatkan minimal ada 3 kunci sukses yang tidak terlalu sulit untuk dipraktikkan oleh seorang siswa di sekolah.

Ketiga kunci sukses dimaksud perlu dilatihkan melalui kegiatan penerapan sekolah dan pembiasaan diri.

Demikian antara lain pokok amanat pembina upacara Rocestri MPd di halaman sekolah setempat, Senin (29/01/24).

Pembina upacara Rocestri MPd, yang juga Wali Kelas 9.C menguraikan bahwa kunci sukses utama dalam belajar bagi siswa adalah disiplin.

"Sebagai siswa ananda harus mampu melaksanakan disiplin sekolah seperti disiplin waktu belajar maupun disiplin dalam berpakaian," sampai guru mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti tersebut.

Disiplin tersebut harus diiringi dengan perencanaan dalam belajar sebagai siswa. Perencanaan dimaksud adalah cita-cita apa yang hendak diwujudkan siswa melalui belajar.

"Misalnya cita-cita menjadi dokter, polisi dan lain sebagainya," timpal wali kelas memberikan contoh.

Persoalan belajar intrinsik siswa yang paling umum, salah satunya adalah belum jelasnya orientasi belajar, mau jadi apa siswa kelak sehingga mereka bermasalah dalam belajar.

Tidak disiplin dan malas belajar adalah indikator siswa belum ada rencana yang hendak diwujudkan atau cita-cita yang hendak diwujudkan.

Kunci yang ketiga menuju keberhasilan siswa, kata Rocestri MPd adalah optimis. Siswa mesti memiliki sikap mental berpengharapan baik sehingga mampu menjalani persoalan belajar guna menuju sebuah kesuksesan.***