Budidaya Terong Ungu di Taman Sekolah

Budidaya terong ungu di taman sekolah - Terong atau terung (solanum melonga) sudah dikenal banyak orang sejak dulu. Selain mudah ditanam dan mudah, tanaman yang berasal dari India dan srilangka ini bisa bernilai ekonomi.

Budidaya terong ungu di sekolah (sumber:fb.dhona/ Matrapendidikan.com)

Tumbuhan terong menghasilkan buah dan lazim dijadikan sebagai sayur maupun urap. Bahkan dapat dijual ke pasar bila sudah melebihi kebutuhan keluarga. Asik bukan? 

Sampai saat ini tidak hanya masyarakat petani yang dapat menanam terung di ladang. Di pekarangan, taman atau lahan kosong rumah maupun kantor bisa ditanami terung.

Di area taman depan kantor majelis guru SMPN 2 Lintau Buo juga terdapat tanaman terung hijau ungu.

Terung ditanam dalam bundaran taman yang diisi tanah subur dari kompos. Terung ungu tersebut saat ini sedang berbuah dan sudah ada yang dipanen.

Kebun terong baru disiangi (sumber:fb.dhona/ Matrapendidikan.com)

Waktu gotong royong beberapa guru menyiangi lokasi terung ungu. Daun terung yang sudah tua dan rusak dipangkas. 

Taman sekaligus kebun terung ini menjadi pilot projek di sekolah dalam P5 Kurikulum Merdeka.

Khasiat terung ungu konon banyak sekali untuk kesehatan tubuh. Terung dengan kulit tebal dan dapat dikupas kaya akan nutrisi.

 Selain mengandung karbohidrat, vitamin dan mineral terung ungu juga mengandung zat antioksidan. Zat kimia yang membantu mencegah kerusakan sel tubuh.

Biji terung ungu kecil dan banyak tetapi lembut. Hanya saja rasa biji terung ungu agak pahit karena mengandung zal alkali nikotin pada t*mb*kau.***