Bupati Tanah Datar Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Nurul Iman Nagari Tigo Jangko

Bupati tanah datar letakkan batu pertama pembangunan masjid nurul iman nagari tigo jangko - Bupati Tanah Datar Eka Putra SE MM melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Nurul Iman di Jorong Rajawali Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo Kab. Tanah Datar, Senin (15/01/24).

Bupati Eka Putra dalam peletakan batu pertama pembangunan Masjid Nurul Iman Tigo Jangko (Matrapendidikan.com)

Sebelumnya Bupati Eka Putra SE MM telah menandatangani prasasti peletakan batu pertama pembangunan masjid ini.

Dalam sambutannya Bupati Tanah Datar mengapresiasi semangat dan antusias masyarakat untuk membangun sebuah masjid megah di pinggiran jalan provinsi Nagari Tigo Jangko.

Penandatanganan prasasti peletakan batu pertama (Matrapendidikan.com)

"Kami selaku Bupati Tanah Datar memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada masyarakat nagari, pengurus masjid dan para donatur untuk mewujudkan keinginan untuk membangun sebuah masjid yang megah di Tigo Jangko," ujar bupati antara lain.

Acara peletakkan batu pertama pembangunan Masjid Nurul Iman Jorong Rajawali Nagari Tigo Jangko ini dihadiri oleh Jefri Masrul SE Anggota DPRD Sumbar, Drs. Agusril Majid Staf Ahli bupati Tanah Datar dan H. Masrul Yakin Dt. Paduko Kayo serta keluarga besar.

Sambutan Eka Putra SE MM sebelum peletakan batu pertama pembangunan masjid (Matrapendidikan.com)

Selain itu tampak hadir Forkopimca (Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan), Wali Nagari dan unsur perangkat nagari di wilayah IX Koto Lintau serta undangan lainnya.

Panitia pelaksana pembangunan masjid Arlis Anwar SPd dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua lapisan masyarakat.

"Kegiatan peletakan batu pertama pembangunan masjid ini berkat adanya kerja sama dan dukungan semua lapisan masyarakat di Nagari Tigo Jangko," sebut Arlis Anwar SPd.

Sementara itu H. Masrul Yakin Dt.Paduko Kayo dan keluarga merupakan donatur utama pembangunan Masjid Nurul Iman.

H. Mai, sapaan akrabnya memaparkan kronologis dukungan keluarga terhadap keinginan menjadi donatur pembangunan masjid untuk kemaslahatan masyarakat Tigo Jangko dan Lintau IX Koto pada umumnya 

"Kami beserta keluarga besar menyepakati untuk ikut membangun masjid megah untuk akhirat bahkan lebih megah dari rumah kami sendiri." ujar H. Mai dengan nada sendu.

Kata Dt. Paduko Kayo, ia memiliki 3 orang anak dan satu orang perempuan. Dana untuk pembangunan masjid berasal dari hasil usaha berupa dana pendamping yang kami tabung.

"Akan tetapi kami juga menghimbau rekan pengusaha dan masyarakat di Nagari Tigo Jangko untuk ikut berpartisipasi dalam membangun masjid ini." himbau H. Mai.

Jefri Masrul SE, selaku anggota keluarga H. Mai menambahkan informasi seputar dukungan ayahanda dalam membangun rumah ibadah di Jorong Rajawali ini.

"Apa yang ayahanda sampaikan tadi adalah benar. Keinginan beliau untuk fisabilillah, membangun Masjid Nurul Iman sudah disetujui oleh kami sekeluarga." sebut Jefri Masrul SE.

Anggota DPRD Sumbar tersebut juga menghimbau masyarakat Nagari Tigo Jangko terus mendukung pembangunan Masjid Nurul Iman.

Wali Nagari Tigo Jangko Mustafa Kamal Dt Incek Gagah Gagah dalam sambutannya menghimbau warganya untuk meramaikan masjid untuk beribadah maupun mengaji serta kegiatan keagamaan lainnya.

"Setidaknya sudah 7 masjid yang sudah dibangun di Nagari Tigo Jangko. Ini menunjukkan bagaimana kita membangun serta meramaikan masjid tempat beribadah maupun belajar mengaji buat anak-anak nagari," ulas Mustafa Kamal Dt. Incek Gagah.

Ninik mamak Nagari Tigo Jangko EA Dt. Bandaharo dalam sambutannya mengingatkan kaumnya untuk mengelola masjid lebih profesional.

"Masjid besar yang akan dibangun ini perlu pengelolaan yang lebih efektif agar tidak timbul masalah dalam pengelolaanya." cetus EA Dt. Bandaharo.

Pada bagian lain pimpinan adat kaum Melayu ini berekspektasi bahwa bulan Ramadhan tahun depan sudah bisa dipakai untuk ibadah shalat tarwih dan Idul Fitri insyaallah...***

Catatan foto dan keterangan dokumen peletakan batu pertama pembangunan Masjid Nurul Iman Tigo Jangko (15/01/24).

Selain Bupati Tanah Datar Eka Putra SE MM juga ikut memberikan laporan dan sambutan ketua panitia Arlis Anwar SPd, Donatur Utama H. Masrul Yakin, Anggota DPRD Sumbar Jefri Masrul SE, Ninik Mamak EA. Dt. Bandaharo, Wali Nagari Tigo Jangko Mustafa Kamal SPd.I Dt. Incek Gagah.