Rosyid Mahmudi, Guru Jangan Sekadar Berburu Sertifikat!

Rosyid mahmudi, guru jangan sekadar berburu sertifikat! - Pengawas satuan pendidikan pada Disdikbud Tanah Datar Rosyid Mahmudi SPd MPd mengatakan para guru jangan hanya sekadar berburu atau mengejar sertifikat untuk memenuhi poin pada rencana kinerja PMM.

Rosyid Mahmudi SPd MPd mendampingi guru dalam pengisian Kinerja Guru di Aplikasi PMM (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.com)

Hal itu disampaikan Rosyid saat pendampingan guru SMPN 2 Lintau Buo dalam pengisian E-kinerja dan kinerja guru dan kepala sekolah pada PMM, Rabu (18/01/24) di ruang Labor Komputer sekolah setempat.

Pengajuan Rencana Kerja, kata Rosyid sebanyak 32 poin untuk bapak dan ibuk guru memang berasal dari kegiatan meningkatkan kemampuan praktik mengajar melalui seminar, lokakarya pada webinar maupun pelatihan mandiri.

"Tapi itu bukan berarti guru harus berburu dan mengejar beberapa sertifikat dari beberapa kegiatan tersebut," tangkis Rosyid menjawab pertanyaan salah seorang guru peserta pendampingan.

Para guru serius mengikuti kegiatan pendampingan pengisian kinerja guru dan kepala sekolah di PMM (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.com)

Pengawas satuan pendidikan mengulas teknik mengikuti pelatihan mulai sebagai peserta sampai pemateri.

"Usahakan mengikuti pelatihan atau webinar resmi di PMM atau pelatihan mandiri melalui komunitas belajar sehingga tidak menimbulkan masalah pengeluaran sertifikat nantinya," pesan Rosyid Mahmudi.

Pertimbangan pengisian rencana kinerja guru dan kepala sekolah adalah Rapor Pendidikan Satuan Pendidikan.

Unsur yang dipilih dan disepakati bersama adalah metode pembelajaran.

"Ikuti webinar yang bertema metode pembelajaran," saran Rosyid Mahmudi.

Seperti diketahui Tahap awal pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah adalah pengisian rencana kinerja dan  ini dalam rentang waktu sebulan (1 sd 31 Januari 2024).

Perencanaan kinerja terdiri 5 tahapan yaitu: praktik pembelajaran, pengembangan kompetensi, tugas tambahan, perilaku kerja dan rangkuman.

Namun pengawas satuan pendidikan tersebut menyarankan agar para guru benar-benar memahami isian setiap unsur sebelum diajukan kepada kepala sekolah.

Berdasarkan unsur kegiatan yang diajukan, pesan Rosyid Mahmudi SPd MPd, para guru jangan hanya sekadar berburu sertifikat namun yang lebih penting adalah menambah wawasan praktik mengajar 7ntuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa.***