Sosialisasi Pengisian Kinerja Guru pada Aplikasi PMM

Sosialisasi pengisian kinerja guru pada aplikasi pmm - Pengisian kinerja guru tahun  2024 melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM) disosialisasikan kepada guru di SMPN 2 Lintau Buo secara mandiri, Sabtu (13/01/24).

Ilustrasi gambar (Matrapendidikan.com)

Sosialisasi yang berlangsung usai pembelajaran siswa tersebut dibimbing oleh guru penggerak SMPN 2 Lintau Buo Zulfikar SPd dalam ruang Labor Komputer sekolah setempat.

Kepala SMPN 2 Lintau Buo Syafrida SPd saat membuka kegiatan sosialisasi tersebut kembali menghimbau guru untuk mengikuti sosialisasi dengan baik.

"Mari kita ikuti bagaimana cara pengisian kinerja guru pada PMM ini agar semua kita bisa mengisinya," ujar kepala sekolah antara lain.

Kepala sekolah juga mengingatkan pengisian tahap awal, rencana kinerja guru akan berlangsung sampai akhir bulan Januari 2024 ini. 

Sementara itu salah seorang Guru Penggerak di sekolah, Zulfikar SPd telah membimbing guru tahap demi tahap alur proses pengisian Pengelolaan Kinerja guru di PMM.

"Guru login ke PMM dengan akun dan password yang sudah terdaftar," ujar Zulfikar SPd.

Selanjutnya guru mata pelajaran Bahasa Indonesia itu memandu guru untuk melihat dan membuka fitur baru PMM yaitu Pengelolaan Kinerja Guru.

"Ketika dibuka fitur baru ini akan muncul laman Isi Perencanaan Kerja, dari 1 sd 31 Januari 2024." 

Pada bagian ini terlihat Alur Pengelolaan Kinerja berupa rangkaian Pengelolaan Kinerja selama 2 kali dalam setahun (2 semester).

Alur pengelolaan kinerja dimulai bulan Januari (Perencanaan Kinerja Guru dan Persetujuan Atasan). Selanjutnya Februari (Persiapan Observasi Kelas), Maret (Periode Observasi Kelas dan Diskusi Tindak Lanjut).

Berikutnya Pelaksanaan Tindak Lanjut Guru dengan Pemantauan Atasan pada bulan April dan Mei 2024.

Juni adalah waktunya Refleksi, Penilaian dan Penentuan Prediket Kinerja Guru.

Jika sudah dibaca laman ini, kata Zulfikar, Klik Ikon persegi latar biru di kanan atas dengan tulisan "Lanjut Rencanakan Kinerja."

Guru akan menemukan laman Perencanaan Kinerja. Ada 5 Tahapan Perencanaan Kinerja:

1.Praktik pembelajaran

Pada bagian ini terdapat 8 indikator dan pilih salah satu yang menjadi fokus peningkatan kinerja guru.

Pemilihan ini didasarkan atas kesepakatan bersama dengan kepala sekolah.

Diputuskan bahwa sekolah memilih indikator 2 berdasarkan rekomendasi pada Rapor Pendidikan Satdik SMPN 2 Lintau Buo.

2.Pengembangan kompetensi

Jika sudah oke, klik "Ke Pengembangan Kompetensi" dalam ikon berlatar hitam persegi. Jika masih ragu, klik "Simpan draft".

Pada bagian ini guru memilih jenis pengembangan kompetensi yang paling efektif dan paling berdampak pada diri guru.

Pilihlah jenis Rencana Hasil Kerja yang disediakan, dengan catatan guru harus memiliki Jumlah Nilai minimal 32 melalui kegiatan pengembangan kompetensi yang dipilih.

3.Tugas Tambahan

Klik Ke Tugas Tambahan dan guru diarahkan ke laman Tugas Tambahan yang hanya pilihan (Opsional) dan tidak mencantumkan target nilai.

Tugas Tambahan sebagai pilihan ini sesuai dengan Surat Keputusan dari atasan sesuai tugas tambahan sebagai guru. Lalu klik Ke Perilaku Kerja

4.Perilaku kerja

Perilaku kerja ditandai dengan indikator dan perwujudan perilaku.

Ada 7 indikator kerja, yaitu berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif.

Pada setiap aspek, guru memilih satu aspek yang diprioritaskan semester ini. Lalu Klik Ke Rangkuman

5.Rangkuman

Tahap akhir ini merupakan Rangkuman Perencanaan Kinerja yang siap diajukan ke kepala sekolah (atasan).

Namun disarankan lakukan pengecekan ulang sebelum diajukan. Sampai hari ini kalau sudah Diajukan Tidak Dapat Diubah status pengajuan.***