Pentingnya Motivasi Siswa untuk Belajar dan Berkegiatan di Sekolah

Pentingnya motivasi siswa untuk belajar dan berkegiatan di sekolah - Setelah melaksanakan tugas dalam kegiatan muhadharah Jumat lalu (2/2/24), kini Osis SMPN 2 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar Sumbar melaksanakan tugas sebagai pelaksana upacara bendera, Senin (5/2/24).

Pengibaran bendera merah dan putih oleh pengurus Osis (dok.smpn2lb/Syaf/ Matrapendidikan.com)

Upacara bendera berlangsung dalam cuaca cukup mendung namun pembina upacara dalam amanatnya mengingatkan kembali fenomena alam tersebut.

"Ini fenomena alam yang sudah berlangsung sejak September tahun lalu." ucap Edi Syamsul, pembina upacara memulai amanatnya.

Alhamdulillah, kata Waka Kesiswaan itu, siswa tetap bersemangat mengikuti upacara bendera pada pagi itu.

Seperti diketahui Kegiatan kesiswaan cukup padat namun tetap berjalan meski kadangkala agak terkendala oleh cuaca pada musim penghujan.

"Hal itu karena ada apa? Di dalam diri siswa sudah terdapat motivasi atau dorongan untuk belajar dan melaksanakan kegiatan-kegiatan kesiswaan yang diadakan di sekolah." ujar pembina upacara.

Lebih jauh pembina upacara mengingatkan siswa kembali perihal motivasi siswa untuk datang dan belajar serta berkegiatan di sekolah.

Selanjutnya pembina upacara menyinggung dua macam motivasi yaitu intrinsik dan ekstrinsik. 

Motivasi intrinsik adalah dorongan atau motif yang berasal dari dalam diri siswa. Sementara itu motivasi ekstrinsik berasal dari luar diri siswa.

"Motivasi yang bersumber dari dalam diri siswa lebih baik karena dengan penuh kesadaran siswa akan belajar dan melaksanakan kegiatan di sekolah," pungkas pembina upacara.

Pembina upacara juga mengutip David Ausubel (1967) bahwa motivasi itu ibarat bahan bakarnya pada kendaraan.

Belum banyak artinya betapa bagus kendaraan tanpa ada bahan bakar. Begitulah dahsyatnya motivasi bagi seseorang dalam melaksanakan sebuah aktivitas belajar.***