Sekolah Tak Pernah Sepi Sore Hari, Siswa Berlatih Kegiatann Ekstrakurikuler

Sekolah tak pernah sepi sore hari, siswa berlatih kegiatan ekstrakurikuler - Semester genap diketahui menjadi semester yang paling sibuk dialami oleh guru maupun siswa. Banyak jenis kegiatan yang akan dihadapi seperti kegiatan ekstrakurikuler dan persiapan bagi siswa di tingkat kelas terakhir.

Siswa latihan randai di halaman sekolah (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.com)

Siswa di tingkat kelas terakhir akan menghadapi ujian sekolah dan prosesi penyelesaian pendidikan. Sebutlah muhasabah, pagelaran dan perpisahan.

Berbagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah pun tetap berjalan. Baik kegiatan ekstrakurikuler wajib maupun pilihan.

Di pihak lain, para guru juga berjibaku dalam pengisian data kinerja pada platform E-kinerja dan Pengelolaan Kinerja Guru pada PMM.

Tidak terkecuali di SMPN 2 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar Sumbar. Di tengah kesibukan para guru menyiapkan pengisian pengelolaan kinerja, kegiatan siswa cukup padat sejak awal semester genap tahun pelajaran 2023/2024.

Latihan kegiatan berkemah di Gudep 689/690 SMPN 2 Lintau Buo (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.com)

Kegiatan ekstrakurikuler wajib seperti kepramukaan dan Rohis Forum Anisa tetap berjalan.

Kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan dibina oleh dua guru purna tugas, Arlis Anwar SPd dan Hasma Umneti SPd.Ing serta Wirda Nengsih SPd dan Rocestri MPd.

Begitu pula kegiatan ekstrakurikuler pilihan seperti Passusbra, drumband, sepakbola, silat, tahfizh dan baca Al Qur'an.

Peringatan Hari Besar Islam Isra dan Mi'raj dan muhasabah siswa kelas IX. Sementara itu saat ini sedang persiapan kegiatan Pagelaran Seni, Perpisahan dan Panen Karya Siswa pada Projek P5 yang akan digelar 21 Februari mendatang.

Sulit rasanya berjalan dengan baik tanpa ada pembagian tugas dan kerja yang rapi serta pengelolaan waktu yang baik. 
Hal itu juga dilandasi niat karena Allah SWT serta kerjasama dengan filosofi Bersama Kita Bisa.

Hal itu diakui oleh Kepala SMPN 2 Lintau Buo Syafrida SPd dalam berbagai kegiatan briefing dengan pendidik dan tenaga kependidikan.

"Kegiatan kita para guru dan siswa semakin padat sehingga menjadi sibuk. Namun kalau dilaksanakan dengan niat yang ikhlas demi anak-anak didik insyaallah akan mendapat amal dari Allah SWT. 

Selain itu, mari kita terus untuk saling bekerja sama dalam menghadapi kegiatan sekolah, karena bersama kita bisa," demikian ungkap Syafrida SPd dalam briefing Senin lalu (5/2/24).

Briefing hari itu membahas refleksi kegiatan pembelajaran sekaligus persiapan menghadapi kegiatan di bulan Februari.

Peringatan isra' dan mi'raj 27 Rajab 1445 sudah diselenggarakan. Begitu pula muhasabah dan tes peminatan bagi siswa kelas IX.

Usai kegiatan tersebut berlanjut dengan kegiatan Persami (Perkemahan Sabtu Minggu) di Gudep 689/690 SMPN 2 Lintau Buo, Pelantikan Anggota Passusbra serta trio kegiatan pada tanggal 21 Februari 2024.

Trio kegiatan dimaksud adalah Pagelaran Seni, Perpisahan dan Panen Karya P5.

Pantas sekolah tidak pernah sepi di sore hari karena siswa berlatih kegiatan menghadapi trio kegiatan siswa, ekstrakurikuler dan lain sebagainya. 

Semoga tetap semangat!***