Tips Merawat Perlengkapan Sekolah Anak

Tips merawat perlengkapan sekolah anak – Sobat yang pernah, atau sedang mempunyai anak  usia dini dan sekolah dasar, telah merasakan betapa mereka membutuhkan perhatian yang lebih. 

Mengurus anak seusia mereka agak lebih rumit karena belum peka atau terbiasa untuk memelihara berbagai perlengkapan sekolah anak sehingga sering tidak bertahan lama.

Akan sangat berbeda mengurus anak usia sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Mereka sudah bisa memelihara dan menjaga semua peralatan sekolah sehingga relatif tahan lama. 

Sudah mengerti kalau peralatan sekolah tidak dipelihara dengan baik akan mendatangkan kerugian. Sudah paham kalau semua perlengkapan sekolahnya dibeli dengan harga yang tidak murah. Untuk itu mereka merawat sendiri semua perlengkapan sekolah dengan baik.

Perawatan perlengkapan sekolah anak bertujuan untuk ketahanan dan keawetan sehingga dapat menghemat pengeluaran untuk pos pendidikan anak. Nah, berikut ini ada beberapa perlengkapan sekolah anak yang perlu mendapat perhatian khusus dari orang tua.

tips,cara,merawat,perlengkapan,sekolah

1.Pakaian seragam sekolah

Pakaian seragam anak  sering kotor dan bau keringat. Di sekolah, mereka bermain lebih agresif  dengan temannya seperti berlari untuk bermain kejar-kejaran. Jika masih bisa dikenakan untuk hari esoknya,  sebaiknya pakaian itu digantung dengan gantungan kain (cantolan) di tempat yang kena angin. 

Jika terlalu kotor segeralah cuci  dengan menggunakan sedikit sabun. Mencuci pakaian terlalu sering dan menggunakan deterjen yang berlebihan justru mempercepat pakaian lapuk. Menjemur pakaian yang sudah dicuci, sebaiknya dikeringkan  saja pada tempat yang tidak kena cahaya matahari langsung.

2.Tas sekolah

Anak sering  melempar atau menempatkan tas sekolah di sembarang tempat pulang dari sekolah. Mungkin karena anak terlalu letih belajar di sekolah sehingga tidak sempat untuk menyimpan tas sekolahnya pada tempat semestinya. Kita perlu membantu anak dan memotivasinya agar  selalu menempatkannya pada tempat yang aman. Tindakan ini akan membuat tas sekolah anak tahan lama.

Jika perlu tas anak disimpan di dalam lemari pakaian anak. Namun buku-buku sekolah serta alat tulis lainnya sebaiknya dikeluarkan dari dalam tas tersebut terlebih dulu. Kemudian buku itu disusun kembali pada rak buku anak. Membiasakan anak  untuk melakukan tindakan seperti ini memang memerlukan waktu.

3.Sepatu dan kaos kaki

Jika anak anda memakai sepatu dari bahan kain atau kulit sebaiknya selalu diletakkan pada rak sepatu. Jangan ditinggalkan di tempat yang sering terinjak oleh anggota keluarga lainnya. Begitu pula kaus kaki hendaknya tidak dimasukkan ke dalam sepatu karena bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.

4.Buku dan alat tulis

Buku pelajaran anak sering tidak berumur panjang karena tidak dirawat dengan baik oleh anak. Oleh sebab itu kita membantu memberinya sampul kertas kemudian plastik. Kalau perlu sampul buku dibuat seindah mungkin agar mata anak  menjadi senang memandangnya.

Anak akan betah membuka dan membaca buku di rumah. Begitu pula dengan alat tulis pena dan pensil. Anjurkan kepada anak supaya pensil atau pena segera ditutup setelah digunakan. 
                                                                                    
Demikianlah cara sederhana memelihara perlengkapan sekolah anak khususnya anak usia taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Semoga bermanfaat. 

Share this :

0 Response to "Tips Merawat Perlengkapan Sekolah Anak"

Poskan Komentar