Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar

Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar - Sepertinya ada kecendrungan proses pendidikan di lembaga sekolah berorientasi pada aspek akademis semata. Segala upaya yang dilakukan pihak sekolah lebih terkonsentrasi pada pencapaian target kurikulum dan nilai ujian nasional (UN).

Sebenarnya kecenderungan ini sudah dapat kita rasakan sebagai orangtua anak. Nyaris tiap hari anak membawa seabrek tugas dan pekerjaan rumah. Kadang-kadang kita kewalahan membimbing anak belajar di rumah saking banyaknya tugas yang diberikan guru di sekolah. 

Jika satu hari anak mempelajari tiga mata pelajaran, ketiga gurunya memberikan tugas rumah yang tidak sedikit.

lingkungan,sumber,belajar

Anak telah mengalami proses belajar monoton yang bersifat rutinitas di ruang kelas. Lama kelamaan akan mendatangkan kebosanan pada anak jika tidak dicarikan solusi variasi model pembelajaran. Pun, bukan mustahil rutinitas belajar monoton akan mengungkung dan mempersempit wawasan berfikir siswa.

Idealnya, pembelajaran di ruang kelas memerlukan fasilitas dan sumber belajar yang memadai. Alokasi waktu belajar yang cukup untuk mempelajari suatu disiplin ilmu. Namun hal itu belum terpenuhi secara maksimal sehingga terjadilah model pembelajaran yang bersifat rutinitas.

Pihak sekolah perlu mendobrak tradisi rutinitas belajar di ruang kelas.  Guru perlu memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar yang relevan dengan mata pelajaran. 

Sementara pimpinan sekolah mempermudah prosedur untuk mengizinkan siswa belajar di luar lingkungan sekolah dan memfasilitasinya ke dinas atau pihak terkait dengan sumber belajar siswa.

Manfaat lingkungan dijadikan sebagai sumber belajar  adalah:

1.Mengatasi kebosanan dalam belajar

Belajar dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar akan meredakan kebosanan siswa. Mereka akan berhadapan dengan lingkungan dinamis yang berbeda dengan lingkungan kelas yang sempit dan terbatas.

2.Memberikan suasana belajar yang unik bagi siswa

Variasi belajar antara dalam dan di luar kelas akan memberikan suasana yang unik dan mengasyikkan bagi siswa.Ini akan meningkatkan gairah dan motivasi belajar siswa untuk memperdalam materi pelajaran.

3.Kesempatan untuk menerapkan teori

Tidak banyak yang dapat dilakukan di ruang kelas yang sempit jika fasilitas dan sumber belajar tidak memadai selain mencatat berbagai teori-teori disiplin ilmu. Dengan memanfaatkan lingkungan, siswa dapat menguji teori yang diperolehnya dengan mempraktikkan langsung di lingkungannya secara nyata.

4.Siswa dapat belajar mandiri

Belajar di luar kelas sesungguhnya memberi kesempatan kepada siswa  untuk mandiri. Mereka tidak akan banyak tergantung kepada guru untuk menggali ilmu pengetahuan di lingkungannya. Jika anak mandiri maka tugas guru tidak akan semakin berat.

5.Memperluas wawasan berfikir siswa

Memanfaatkan lingkungan sekitarnya sebagai sumber belajar akan memperluas wawasan berfikir siswa tentang alam, sosial dan lingkungan sesungguhnya.

6.Meningkatkan prestasi belajar

Prestasi belajar siswa akan dapat ditingkatkan secara optimal bila memanfaatkan sumber belajar yang mendukung, termasuk lingkungan alam, sosial dan budaya.

Share this :

0 Response to "Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar"

Poskan Komentar