Pentingnya Gerak Reflek Bagi Manusia

Pentingnya gerak refleks bagi manusia - Kita sering melakukan gerakan yang tidak disadari dalam kehidupan sehari-hari. Ketika terinjak paku tanpa sengaja,  seseorang akan cepat dan spontan mengangkat kakinya. Orang itu tidak akan berpikir terlebih dahulu, mau diangkat kakinya atau tidak. 

Begitu pula saat menyentuh benda panas, tersentuh api rokok misalnya. Spontan mengelakkan sumber panas tersebut secepat kilat meskipun terasa sakit.

Contoh di atas merupakan contoh gerak yang tidak disadari atau yang lazim disebut gerak refleks. Gerak ini dapat menyelamatkan manusia dari hal-hal yang membahayakan keselamatan anggota tubuhnya. Hal ini tak terlepas dari sistem koordinasi yang ada pada tubuh manusia. Sistem koordinasi pada manusia melibatkan sistem saraf dan indra.

penting,gerak,reflek,manusia

Sistem saraf menjadi sistem pengatur dan pengendali dalam tubuh manusia. Ini mempunyai kemampuan untuk menerima rangsangan (impuls) untuk diteruskan ke otak atau sumsum tulang belakang. 

Saraf memberikan tanggapan (respons) terhadap rangsangan tersebut ke otot. Alat tubuh yang menerima rangsangan adalah alat indra seperti mata, telinga, kulit, hidung dan lidah.

Sel saraf yang berfungsi menerima impuls disebut sel saraf sensorik. Impuls ini akan dibawa ke otak atau sumsum tulang belakang. Sementara itu, sel saraf yang membawa perintah atau tanggapan dari otak atau sumsum tulang belakang ke otot atau kelenjer tubuh disebut sel saraf motorik.

Pada saat impuls diterima oleh saraf sensorik, sebagian ada yang menuju ke saraf motorik dan sebagian lagi ada yang langsung menuju otak. Namun sampainya impuls ke otot seringkali lebih cepat daripada sampainya impuls ke otak. Itulah sebabnya mengapa timbul gerak refleks. 

Gerak refleks tidak perlu menunggu perintah dari otak sebagai pusat susunan saraf. Impuls akan bekerja dari saraf sensorik, sumsum tulang belakang, saraf motorik dan menjadi gerak spontan.

Pada contoh di awal tadi, gerak untuk mengangkat kaki tatkala terinjak paku, menghindar dari benda panas, sesungguhnya adalah upaya refleks untuk menghindari anggota tubuh dari bencana yang tidak diingini. 

Buktinya, orang tidak sempat berfikir terlebih dulu jika terindak paku atau terkena benda panas. Melainkan langsung mengangkat kaki dan menghindari benda panas tersebut.  Disinilah pentingnya gerak refleks bagi keselamatan manusia.

Share this :

0 Response to "Pentingnya Gerak Reflek Bagi Manusia"

Poskan Komentar