Tips Belajar Paling Efektif

Tips belajar paling efektif - Belajar merupakan kegiatan yang cukup merepotkan bagi sebagian kecil siswa. Apalagi  banyak sekali mata pelajaran atau bidang studi yang harus dikuasai pada suatu jenjang pendidikan. 

Itu belum lagi tugas-tugas yang diberikan guru yang segudang banyaknya. Jika dalam satu hari belajar 4 atau 5 mata pelajaran. Dapat dibayangkan betapa sibuknya siswa menghadapi semua itu.

Mau atau tidak, sebagai siswa harus menjalani semua itu agar tidak mengalami kegagalan. Siswa perlu mengetahui dan menerapkan berbagai upaya agar berhasil. 

Bagaimana siswa bisa menjalani semua itu dengan baik? Berikut ini adalah tips belajar paling efektif versi Matra Pendidikan:


tips,belajar,efektif

1.Mengatur waktu dengan baik

Setiap siswa harus bisa mengatur waktu dengan baik. Membagi waktu mulai dari bangun tidur pagi sampai tidur malam. Semua itu terjadwal dalam agenda harian siswa. Bangun tidur shalat subuh bagi siswa muslim, mandi, berpakaian, kemudian sarapan pagi. Ingat, sarapan pagi itu penting, lho? 

Pulang sekolah istirahat sejenak, kemudian membantu orang tua. Setelah itu melakukan olah raga atau refreshing. Habis magrib, silahkan belajar. Belajar itu mungkin terbagi dua sesi. 

Sesi pertama mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah. Kemudian sesi kedua, mengulang pelajaran yang akan dipelajari esok hari. Atau bisa juga melihat kembali catatan pelajaran yang telah dicatat tadi siang di sekolah.

2.Membenahi catatan pelajaran

Biasanya, guru memberikan soal ulangan berdasarkan materi yang telah diterangkan di depan kelas. Perhatikan dengan baik materi yang diterangkan guru. Guru akan memberikan penekanan khusus pada bagian tertentu pokok bahasan atau tema pelajaran. 

Boleh jadi dengan menggarisbawahi kalimat tertentu atau mengulang-ulang materi bersangkutan dengan nada tertentu.  Nah, ini segera dicatat baik-baik. 

Jika guru terlalu cepat menerangkan, sementara siswa lambat menulis, bisa dicatat materi itu melalui buku buram atau buku draft. Nanti di rumah disalin dengan rapi ke buku catatan.

3.Sering bertanya di kelas

Bertanya bukan bearti asal bertanya. Bertanyalah kepada guru tentang materi yang kurang dipahami. Atau, minta penjelasan ulang, tentang materi pelajaran yang ditekankan guru untuk dipahami. Siapa tahu materi pertanyaan siswa itu menjadi soal ulangan harian oleh guru.

4.Mengulang pelajaran di rumah

Sebaiknya yang akan diulang mempelajarinya di rumah adalah catatan pelajaran hasil penjelasan guru. Membaca buku sumber belajar seperti buku panduan dan penunjang dilakukan untuk memperkaya materi yang sudah dipahami. 

Kalau mau ulangan, sebaiknya cukup membaca buku catatan pelajaran saja. Ini bertujuan untuk memfokuskan pemikiran terhadap pokok bahasan yang akan diujikan oleh guru.

5.Banyak minum air putih

Sebagai siswa yang sibuk harus banyak minum air putih karena bermanfaat untuk kesehatan. Jangan sampai siswa kehilangan cairan tubuh karena kurang minum. Siswa yang kurang minum sering ngantuk dan lemas.

6.Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran

Buah dan sayur bermanfaat untuk kebugaran tubuh. Tubuh yang bugar memungkinkan siswa untuk memusatkan perhatian dan konsentrasi.

Demikianlah beberapa tips belajar paling efektif versi Matra Pendidikan. Semoga bermanfaat bagi siswa untuk meraih prestasi.

Share this :

0 Response to "Tips Belajar Paling Efektif "

Poskan Komentar