Gangguan Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa

Gangguan Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa

Gangguan terhadap konsentrasi belajar siswa - Kali ini matra pendidikan akan mencoba menelisik hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi belajar siswa. Para ahli bimbingan belajar sering mengemukakan perihal pentingnya konsentrasi dalam belajar. Konsentrasi belajar menjadi modal utama bagi siswa untuk dapat mengikuti proses belajar dengan baik. Bahkan, konsentrasi menjadi salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Konsentrasi diartikan sebagai kondisi fikiran dan perhatian serta aktivitas fisik yang terfokus terhadap sesuatu hal yang sedang dihadapi. Dalam hal belajar, konsentrasi adalah pemusatan aktivitas psikis dan fisik terhadap proses dan kegiatan belajar yang sedang berlangsung di ruang kelas.

gangguan,konsentrasi,belajar

Siswa yang mudah terganggu konsentrasinya cenderung menunjukkan hasil belajar yang kurang memuaskan. Bahkan mereka sulit untuk mencapai ketuntasan belajar. Hal ini disebabkan kesulitan dalam menyerap informasi belajar yang diberikan oleh guru.

Sebenarnya cukup banyak hal yang mengganggu perhatian belajar siswa di sekolah. Mulai dari hal yang kecil sampai ke hal yang besar. Dari yang sederhana sampai yang terlalu rumit untuk dihindarkan.

Berikut ini adalah contoh kondisi yang dapat mengganggu konsentrasi belajar siswa di sekolah:

a.Rasa ingin buang air kecil, buang angin sampai buang air besar.
b.Kondisi belajar yang tidak kondusif
c.Lingkungan kelas yang bising
d.Gangguan teman sebelah tempat duduk
e.Suasana kelas yang terlalu panas atau dingin
f.Kondisi tubuh siswa yang kurang fit
g.Gangguan psikologis karena adanya masalah tertentu yang sedang dihadapi siswa

Demikian kira-kira beberapa hal yang dapat mengganggu fokus siswa dalam belajar di sekolah.

Posting Komentar