Gangguan Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa

Gangguan terhadap konsentrasi belajar siswa - Kali ini matra pendidikan akan mencoba menelisik hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi belajar siswa. Para ahli bimbingan belajar sering mengemukakan perihal pentingnya konsentrasi dalam belajar. Konsentrasi belajar menjadi modal utama bagi siswa untuk dapat mengikuti proses belajar dengan baik. Bahkan, konsentrasi menjadi salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Konsentrasi diartikan sebagai kondisi fikiran dan perhatian serta aktivitas fisik yang terfokus terhadap sesuatu hal yang sedang dihadapi. Dalam hal belajar, konsentrasi adalah pemusatan aktivitas psikis dan fisik terhadap proses dan kegiatan belajar yang sedang berlangsung di ruang kelas.

gangguan,konsentrasi,belajar

Siswa yang mudah terganggu konsentrasinya cenderung menunjukkan hasil belajar yang kurang memuaskan. Bahkan mereka sulit untuk mencapai ketuntasan belajar. Hal ini disebabkan kesulitan dalam menyerap informasi belajar yang diberikan oleh guru.

Sebenarnya cukup banyak hal yang mengganggu perhatian belajar siswa di sekolah. Mulai dari hal yang kecil sampai ke hal yang besar. Dari yang sederhana sampai yang terlalu rumit untuk dihindarkan.

Berikut ini adalah contoh kondisi yang dapat mengganggu konsentrasi belajar siswa di sekolah:
a.Rasa ingin buang air kecil, buang angin sampai buang air besar.
b.Kondisi belajar yang tidak kondusif
c.Lingkungan kelas yang bising
d.Gangguan teman sebelah tempat duduk
e.Suasana kelas yang terlalu panas atau dingin
f.Kondisi tubuh siswa yang kurang fit
g.Gangguan psikologis karena adanya masalah tertentu yang sedang dihadapi siswa

Demikian kira-kira beberapa hal yang dapat mengganggu fokus siswa dalam belajar di sekolah.

Share this :

16 Responses to "Gangguan Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa"

  1. Salam kenal Mas Uda, ijin baca artikel yang sangat mendidik
    Buat saya dan buat semua sobat, terima kasih sudah berbagi
    Info dan artikel ini Mas. ijin follow blog nya juga yah Mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal balik, Sob. Dengan senang hati tentunya dan terima kasih sudah berkunjung ya, Sob...

      Hapus
  2. Memang benar Pak dan masih banyak sekali faktor-faktor yang menghambat konsentrasi siswa dalam belajar dan hal ini menjadi salah satu fokus atau perhatian guru bagaimana untuk mengatasi dan meningkatkan daya konsentasi siswa ketika belajar di dalam kelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak Hendrik. Guru memang lebih dituntut mencari siasat mengatasi dan meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Karena faktanya tidak mudah untuk melakukan hal tersbut....

      Hapus
  3. Sebagai pendidik sebaiknya bisa meminimalisasi adanya gangguan konsentrasi belajar, sehingga atmosfer pembelajaran bisa berlangsung kondusif :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak Rin. Selain sebagai pendidik (profesional), sesungguhnya guru mata pelajaran juga seorang 'konselor'. Guru akan mengeluh terus dengan konsentrasi belajar siswa yang rendah jika kesulitan dalam meminimalisirnya. Suasana belajar tidak kondusif, bahkan guru jadi sering marah di dalam kelas...

      Hapus
  4. Makasih ilmunya Pak Guru. Blognya banyak artikel bagus rupanya.
    Salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga atas kesediaannya berkunjung di tempat sederhana ini.

      Hapus
  5. jd ingat waktu sekolah dlu.., makasih pak *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentunya sekolah dulu menjadi masa yang menyenangkan, Sob...

      Hapus
  6. Daya konsentrasi otak merupakan penentu kecerdasan siswa. Jika mudah berkonsentrasi maka siswa akan bisa terfokus dengan materi yg dibahas sehingga menjadi pintar.

    Perut lapar sangat merusak konsentrasi siswa. Oleh karena itu biasanya pada jam2 pelajaran terakhir kecerdasan siswa akan menurun.

    menurut pengalaman pribadi saya dulu ini pak, hehehe :)
    makasih sharingnya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul buk Indri. Pengalaman emperis (pribadi), jajak pendapat dengan siswa, dan pengamatan harian, mungkin cukup sebagai dasar atas keakuratan kesimpulan yang kita ambil tentang konsentrasi belajar siswa.

      Memang kenyataannya, anak pintar lebih mudah berkonsentrasi karena daya konsentrasi otak sehingga mereka menguasai materi pelajaran sangat baik..

      Begitu pula rasa lapar, sangat potensial menurunkan konsentrasi belajar anak. Mereka terlihat agak lesu pada jam-jam terakhir.

      Terima kasih buk Indri.

      Hapus
  7. Begitu banyaknya hal-hal yang bisa mengganngu konsentrasi belajar terhadap siswa seperti yang sudah dipaparkan dalam tulisan Pak Uda ini, tentunya setelah kita tahu salah satu penyebab yang bisa mengganggu konsentrasi belajar diharapakan seorang pendidik harus bisa meminimalisir hal tersebut dan berusaha untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan buat siswa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika ditelisik lebih jauh, mungkin lebih banyak lagi yang terdeteksi, Sob. Namun yang penting disini, seperti kata sobat, setelah diketahui penyebabnya, pendidik harus bisa meminimalisir gangguan tersebut.

      Terima kasih ya, Sob.

      Hapus
  8. kalau guru-nya gak assik juga bikin males tuh :D .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Admin jadi ingat Ayu Ting Ting nie...Sik Assiik...hehe..

      Hapus